Bergibah Secara Berfaedah

Dec 27, 2010

Mengapa Laser Bisa Kacaukan Konsentrasi?

with 0 Comment

Pertandingan leg pertama final AFF 2010 Indonesia lawan Malaysia tidak berjalan mulus karena sinar laser. Padahal sinar laser dengan daya sangat rendah sekalipun juga sangat berbahaya.

Sorotan sinar laser diduga merusak konsentrasi pemain Indonesia setelah kiper Markus Horison melakukan protes saat pertandingan di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Pertadingan sempat dihentikan setelah penonton Malaysia menyorotkan sinar laser .

Sebelumnya, Vietnam juga melayangkan kekesalan yang sama, mengecam tindakan kurang sportif pendukung Malaysia dalam pertandingan di tempat yang sama.

Laser (Light Ampification by Stimulated Emision of Radiation) merupakan teknologi untuk memancarkan radiasi elektromagnetik. Biasanya laser dalam bentuk cahaya yang tidak terjangkau mata normal dan bisa dilihat melalui proses pancaran yang dapat distimulasikan.

Laser digunakan dalam spektrum frekuensi di 1014 Hertz hingga 15 Hertz, sekitar ratusan ribu kali frekuensi gelombang mikro. Meski laser terbagi menjadi beberapa daya namun alat yang berdaya rendah sekalipun sekitar beberapa miliwatt ternyata bisa membahayakan penglihatan manusia dan mengganggu konsentrasi.

Pancaran sinar laser dikhawatirkan merusak mata sesorang, hingga menciptakan kebutaan sesaat atau permanen

sumber : inilahsport.com

0 komentar:

Post a Comment

#Follower