Jul 27, 2023

Gohan-ku: Pelopor Nasi Bungkus ala Jepang di Indonesia

Nasi bungkus biasa kita dapatkan di Warteg, atau di tempat makan nasi Padang yang kalau dibungkus nasinya akan lebih banyak dari pada makan di tempat. Berbeda dengan nasi bungkus yang satu ini, karena nasi bungkus ini menu-menu nya khas Jepang banget, tapi menyoal rasa tentu disesuaikan dengan lidah warga konoha atau masyarakat Indonesia, nama brand dari nasi bungkus ala Jepang ini yakni Gohan-ku.



Asal-usul Gohan-ku

Kalau aku coba cari tahu ternyata "Gohan-ku" (dibaca juga sebagai "gohan koo") adalah istilah dalam bahasa Jepang yang mengacu pada nasi bungkus. "Gohan" berarti "nasi" dalam bahasa Jepang, dan "ku" adalah singkatan dari "koochikin," yang berarti "bungkus" atau "kantong".


Jadi, ketika orang Jepang menyebut "Gohan-ku," mereka merujuk pada nasi bungkus atau makanan yang dibungkus dengan nasi. Gohan-ku adalah makanan yang praktis dan populer di Jepang, sering kali berisi nasi dengan berbagai lauk-pauk atau hidangan sampingan seperti ikan, daging, sayuran, telur, dan lain sebagainya. Makanan ini sangat umum ditemui di toko-toko makanan, pasar, atau restoran-restoran di seluruh Jepang sebagai pilihan makanan yang mudah dibawa dan dikonsumsi di mana saja.


Gohan-ku: Nasi Bungkus Viral ala Jepang

Aku coba cari tahu juga di browser, siapa sih pemilik dari Gohan-ku? Ternyata ketemu lah artikel dari detik.com menyoal Gohan-ku, dan pemiliknya bernama Agnes. Ngga ada foto pemilik Gohan-ku sebenarnya, Aku ngga mempermasalahkan hal itu, yang pasti dalam artikel yang disampaikan detik.com, Agnes menyatakan bahwa berdirinya usaha ini berawal dari kegemerannya akan kuliner khas Negeri Sakura. Dari itulah ia ingin menggabungkan kuliner Jepang dan Indonesia. Hingga akhirnya berdirilah Gohan-ku pada 27 Januari 2022.




Meskipun masih terbilang baru, tetapi gerai ini berhasil menarik perhatian banyak orang, mulai dari kalangan muda, sampai ibu dan bapak juga ngga kalah ingin mencoba nasi bungkus yang satu ini, karena dari lauk tentunya berbeda dengan lauk pauk yang ada di warteg.


Viralnya Gohan-ku sebagai pelopor nasi bungkus ala Jepang, karena banyak orang yang juga review di sosial media. Aku, ngga mau kalah dong untuk mencobanya. Pertama kali mencoba nasi bungkus ini saat perut terasa keroncongan, dan coba order melalui aplikasi ojol, sehingga aku coba pilih Nasi Omega yang harganya Rp15.000.





Aku ngga cukup puas kalau pesan diantar langsung ke rumah, karena lihat review orang-orang bisa langsung lihat cara masak dan penyajiannya.


Kemarin kebetulan janjian sama teman di UI Salemba mau ngobrolin project, terus iseng dah tuh cek aplikasi ojol, dan ternyata cabang Gohan-ku ngga jauh dari Salemba, pun deket banget dari Stasiun Gang Sentiong.


Ngga pikir panjang, karena deket ke Stasiun, setelah beres ngobrolin project, langsung dah ke Gohan-ku Kramat Pulo Dalam II, dan beneran deket dong dari gang itu.


Ternyata sedekat itu kalau emang diniatin dan dipikirin terus ya kan. Saat sampai di toko nya, langsung dah pesan menu best seller dulu, terus kata si abangnya ada menu baru, akupun ngga menolak untuk mencobanya, jadi pesan juga Sapi Kotak Pedas dan Yamin Keju Pedas.


Menu Nasi Bungkus ala Jepang dengan cita rasa lokal

Berawal coba-coba pesan Gohan-ku, akhirnya jadi keterusan, karena rasanya nggak kaleng-kaleng, dan pas banget dengan lidah Sunda, jadi aku pasti merekomendasikan nasi bungkus ala Jepang yang satu ini kepada teman tongkronganku, biar semua ngerasain, dan kalau udah demen kan bisa beli sendiri ya kan. Hehe




Menu andalan yang ada di Gohan-ku tentu Nasi Omega, dengan telur omega yang digoreng sempurna, sampai sambal pedas yang menggoda. Semakin hari Gohan-ku juga terus berinovasi hingga banyak menu yang bisa kamu cobain satu persatu.


Gohan-ku sebagai pelpor nasi bungkus Jepang pertama di Indonesia, saat ini sudah melanglangbuana, karena cabangnya sudah ada dimana-mana, jadi dimana pun kamu berada, coba cek dlu di google Map, atau di aplikasi Ojol dengan keyword Gohan-ku, kalau kiranya ada di dekat rumah kamu, gasskeun order lewat aplikasi ojol, atau kalau kamu mau lihat cara penyajian nasi bungkus ala Jepang, bisa langsung kunjungi cabang terdekatnya.

Gasskeun.

Share:

1 comment:

  1. Ooooh ... aku pernah nonton berita Gohan-ku di tv kemarin2 deh. Jadi kepengen coba nasi bungkus ala Jepang yang cocok buat lidah urang sunda kayak kita wkwkwkwkwk. Seporsi banyak juga ya.

    ReplyDelete