Nov 14, 2019

Generasi Milenial Harus Kritis dengan Makanan Kekinian

Teknologi yang semakin maju, kini masyarakat dimudahkan dalam hal apapun, tidak saja dalam mengakses informasi pun memesan makanan saat ini juga bisa menggunakan aplikasi, bukan hanya itu, banyak beredar makanan kemasan yang dapat dipesan dengan mudah melalui media sosial ataupun e-commerce, tapi apa kita saat membeli makanan tersebut memperhatikan dan kritis terhadap kandungan yang ada? Mungkin tidak, karena kebanyakan dari kita kalau ada makanan baru, viral dan kekinian pasti dicoba dan dibeli tanpa memperhatikan keamanannya.

Bukan hanya itu, banyak pula panganan kekinian seperti kopi, boba dan lainnya yang mungkin dalam takaran yang disajikan pun tidak diperhatikan dan yang kita lakukan hanya membeli, meminunnya, memfotonya lalu mengupload di media sosial dengan tujuan yaa kita ga ketinggalan untuk pula menikmati panganan kekinian.

Nah, dengan kasus seperti itu, Badan POM mengajak masyarakat untuk concern terhadap kesehatan kita semua untuk kesehatan masa depan juga, jangan sampai kita sehat sekarang, lahh nanti pas usia lanjut kita malah sakit-sakitan karena ulah kita sendiri yang tidak memperhatikan apa yang kita konsumsi di masa muda. Memang engga ada salahnya makan jajanan kekinian, tapi harus sesuai porsinya.

Badan POM Ajak Masyarakat Milenial untuk Memilih Makanan Sehat

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, Badan POM menggelar acara Ngobrol Asik Milenial bersama BPOM yang bertajuk "Makan Sehat Ala Generasi Cerdas" pada 9/11 di Mitra Terrace - Jakarta.

Acara yang dihadiri oleh Bu Penny sebagai Ketua Badan Pom juga dihadiri pula siswa di sekolah area Jakarta Selatan dalam meramaikan acara dengan lomba Yel-yel makanan sehat.


Acara yang diselenggarkan Badan POM sebagai bentuk peringatan Hari Pangan Sedunia dengan tema "Our Action, Our Future" yang bermaksud menginformasikan kepada masyarakat untuk sama-sama saling mengingatkan akan apa yang kita makan, karena yang kita makan hari ini menentukan kesehatan kita di masa mendatang, dan dengan menginformasikan kepada semuanya berharap generasi milenial kini tetap bisa menikmati makanan enak dan sehat di masa mendatang juga.

Dengan majunya Teknologi kini, menjadi tantangan tersendiri bagi Badan POM, dimana Badan POM harus menginformasikan kepada masyarakat dalam memilih produk pangan dan obat yang baik, bukan saja untuk memilih tapi juga menangkal informasi hoax terkait pangan dan obat.

Badan POM pun bekerjasama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan beberapa marketplace seperti Bukalapak, Halodoc, Klik Dokter, Grab, dan Gojek dalam pengawasan keamanan, kualitas dan mutu serta kebenaran informasi dari produk obat dan makanan yang beredar secara online sehingga masyarakat terhindar dari produk yang tidak memenuhi syarat dan berisiko terhadap kesehatan.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, Badan POM pun membuat terobosan baru yakni melalui peneraan 2D Barcode untuk kemudahan informasi masyarakat terkait legalitas produk. Hal ini pun menghindari pemalsuan serta memudahkan Badan POM dalam pengawasannya. Untuk mendapatkan informasi legalitas produk caranya cukup mudah dengan melakukan scan 2D Barcode yang ada pada kemasan produk menggunakan aplikasi BPOM Mobile atau Cek BPOM.

Bukan hanya itu, dalam mengatasi Hoax berkelanjutan pada produk makanan obat yang mengakibatkn keresahan masyarakat dan banyak pihak, Badan POM pun bekerjasama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan tidak mempuan pun menyebarkan informasi hoax terkait makanan dan obat.


Ibu Penny pun terus mengingatkan kepada kita bahwa untuk mendapatkan maknan dan obat yang baik, kita harus kritis dengan segala informasi produk yang akan dibeli, seperti membeli di media sosial atau e-commerce kita harus membaca informasinya terlebiu dahulu, kalau masih ragu bisa chat langsung pada penjualnya mengenai komposisi dan legalitas produknya.

Lalu jika kita akan membeli produk makann kemasan ataupun obat, kita juga bisa melakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa), kemudian jika kita menemukan produk makanan atau obat yang berbahaya ataupun belum ada legalitasnya bisa hubungi langsung Badan POM melalui Hallo BPOM 150033 atau melalui media sosial Badan POM.

Mari sama-sama perhatikan apa yang kita makan, dan sama-sama pula saling mengingatkan dengan menginformasikan Cek KLIK pun makan makanan yang aman dengan memperhatikan kebersihannya dan jangan berlebihan.
Share:

1 comment:

  1. Thanks for the article you shared, I have new inspiration

    ReplyDelete