Sep 14, 2019

BPOM Gandeng Asprindo dan Ajak Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas dengan Cek KLIK Sebelum Belanja

Kalau kita beli kopi misalnya di coffee shop ataupun tempat yang heits nan instagramable, kita pastinya sudah percaya dan mempercayakan kepada pembuatnya dan berharap manfaat kopi sesungguhnya dapat dirasakan tanpa mikir ada yang aneh dengan kopi yang tersaji.


Tapi, kamu tahu enggak kalau kopi yang disajikan ternyata ngga layak konsumsi? Nah lho.

Karena kita kan ga cek tanggal kadaluarsa dari kemasan kopi yang telah disajikan, toh langsung disajikan oleh pembuatya kok, padahal cek kemasan dan label dalam kemasan sebelum kita konsumsi itu sangat penting lho bre.

Seperti sosialisasi yang dilaksanakan pada Sabtu (7/9) di Mall Lippo Kemang – Jakarta diselenggarakan oleh BPOM mengenai Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa) saat akan membeli produk obat, kosmetik dan makanan kemasan.

Perform kampanye sosialisasi ayo cek klik sebelum membeli

Kampanye yang dilaksanakan di area mall ini mengundang minat pengunjung mall untuk ikut serta pun larut dalam acara karena sebelum acara inti dimulai, para pengunjung disuguhkan dengan perform grup band yang suaranya apik pun asik sehingga pengunjung ikut bernyanyi dengan suka cita.

Acara yang dipandu oleh Ananda Omesh ini dihadiri pula ketua BPOM, Penny K. Lukito; Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan, Ojak S. Manurung; Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; dan Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta, Faturrahman.
kerjasama bpom dan asprindo pada program nasion ayo cek klik

Tujuan dari kampanye yang dilakukan oleh BPOM ini yakni demi mengingatkan dan mengajajak masyarakat untuk selalu melakukan Cek KLIK saat akan membeli produk obat, kosmetik dan makanan kemasan. Kampanye ini pun sebagai Program Nasional “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja!” yang menjadi langkah awal dan berkelanjutan karena kedepannya akan terus dilakukan berbagai program lain untuk melindungi masyarakat dengan lebih optimal.

Pada kampanye ini pun, BPOM mengenalkan kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi yang bisa diakses dengan mudah guna mengetahui keamanan produk yang akan dibeli.

Aplikasi untuk mengecek keamanan produk kemasan yakni BPOM Mobile dapat diinstal dan diakses mudah hanya dengan melakukan pemindaian scan 2D barcode pada label produk.

Nah, untuk cek KLIK dengan mudah, cek melakukan aplikasi BPOM Mobile dengan scanning 2D barcode atau input nomor barcode, nanti kalau terdeteksi terdaftar maka akan tampil rinciannya seperti nomor Izin Edar atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, dan nomor serialisasi.
Cara menggunakan BPOM Mobile Cek klik
Cara mudah cek KLIK sebelum membeli dengan BPOM Mobile

Penerapan 2D barcode telah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 33 tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan. Baik Obat dan Makanan yang diproduksi dan diedarkan di dalam negeri atau yang diimpor untuk diedarkan di wilayah Indonesia.

Pada sambutannya, Penny mengatakan bahwa "Dalam memilih dan mengonsumsi obat dan makanan harus menjadi kesadaran pada setiap individu, dan melalui kampanye ini masyarakat diedukasi untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga pun lingkungannya".

"Dan kampanye yang mengedukasi mengenai cara memeriksa kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa ini bukan hanya tugas BPOM saja, melainkan pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat juga perlu terlibat", tambahnya.

Dengan begitu, BPOM pun menggandeng kerja sama dengan Asprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) yang merupakan asosiasi pelaku usaha yang memiliki pengurus daerah di 34 provinsi di seluruh Indonesia, beranggotakan 40.000 ritel modern kecil hingga besar.

Pada kerja sama ini BPOM dan Asprindo melakukan pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia, termasuk pemasangan materi edukasi yang dilakukan di tempat belanja di Lippo Kemang setelah talkshow selesai. Hal ini sebagai edukasi kepada masyarakat dan konsumen di Indonesia.

Di akhir acara, Rio Febrian pun hadir untuk menghibur konsumen pun pengunjung dengan beberapa lagu yang dinyanyikannya, pengunjung pun bersorak dan ikut bernyanyi serta tak lupa untuk melakukan swafoto bersama Rio Febrian.


Semoga kampanye ini bisa diterima oleh masyarakat dan menjadikan masyarakat sadar akan produk obat, kosmetik dan makanan kemasan yang aman serta cerdas untuk terus melakukan Cek KLIK saat akan membeli produk kemasan demi melindungi diri sendiri dan keluarga.

Ayo Cek KLIK sebelum belanja. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment