Bercerita untuk Semangat yang Berbeda

Oct 6, 2017

Aksi Nasional BPOM untuk Berantas Obat Ilegal Demi Menyelamatkan Generasi Penerus Bangsa

with 4 comments
Apa yang kamu tahu mengenai obat illegal atau penyalahgunaan obat?

Sebelumnya aku akan menceritakan pengalaman terhadap beberapa teman dan anak remaja kini.
Berteman dengan siapa saja boleh, asalkan hati-hati untuk tidak ikut-ikutan atau terjerumus pada hal-hal yang merugikan.

Beberapa temanku pernah melakukan penyalahgunaan obat, dengan mencampurkan banyak obat batuk cair ditambah minuman kemasan, saat itu aku ngga bisa mencegah mereka untuk melakukannya, namun aku justru pergi pamit untuk meninggalkan mereka. Bukannya aku mencegah mereka, melainkan membiarkannya, bukan apa-apa, tapi kalau aku mencegahnya, nanti aku yang jadi kenapa-kenapa.
Yaa Allah maafkan aku yang dulu.

Itu aku dan temanku dulu, mungkin masih banyak yang melakukan hal itu. 

Dan belakangan ini banyak sekali obat illegal yang masuk ke pasaran bukan hanya itu tapi juga ada pula korban dari obat illegal tersebut. Penyelidik kepolisian juga BPOM pun sedang gencar-gencarnya memberantas ke akar-akarnya sampai beberapa pabrik pembuat obat illegal yang telah diketahui sudah ditutup.

Pada selasa kemarin, aku menghadiri Aksi Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur. Dihadiri Presiden Joko Widodo, Kepala BPOM, Aparat dan tokoh nasional lainnya.

Ibu Penny K. Lukito selaku Kepala Badan POM RI.foto sartikasamosir.com

Acara yang cukup ramai dipandu oleh MC Dr. Lula Kamal dan diawali oleh sambutan dari Ketua Umum BPOM, Penny K. Lukito. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa “Kasus penyalahgunaan obat yang masih terjadi akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Hal ini merupakan kejahatan kemanusiaan yang menjadi perhatian dan tanggung jawab kita Bersama”.

11 Pihak Perwakilan Pemerintah dan Elemen Masyarakat
untuk Komitmen Bersama Aksi Nasional.
foto sartikasamosir.com
Aksi Nasional ini juga ditandatangani Komitmen Bersama Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat oleh perwakilan pemerintah dan elemen masyarakat diantaranya: Kepala Badan POM RI, Menteri Kesehatan RI, Kabareskrim Polri, Deputi Bidang Kordinasi Kesehatan Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ketua GP Farmasi, Generasi Muda, dan anggota Band SLANK.

Maksud dari aksi ini bukan hanya BPOM saja yang mengawasi, namun juga aparat lainnya dan kita sebagai penduduk Indonesia untuk saling mengingatkan serta waspada terhadap obat illegal.

Presiden Jokowi pun mengatakan dalam sambutannya demikian "Negara harus hadir untuk bangsa Indonesia. Badan POM beserta seluruh Kementerian dan Lembaga harus bersinergi mengawasi penyalahgunaan obat. Melindungi rakyat, menyelamatkan generasi muda, dan bangsa Indonesia".

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memanggil Kabareskrim Polri untuk memaparkan apa saja yang telah dan akan dilakukan dalam memberantas penggunaan ilegal dan penyalahguaan obat.

Presiden Jokowi dan Bimbim Slank. 
Selain itu, ia juga memanggil salah satu anggota dari grup band Slank untuk maju ke panggung sebagai perwakilan masyarakat yang memiliki komitmen tinggi untuk turut serta memberantas penyalahgunaan obat illegal. Bimbim sempat mengatakan bahwa pemake obat terlarang itu norak dan kampungan.

Pada Aksi Nasional ini, Presiden RI didampingi Kepala Badan POM RI, Menteri Kesehatan RI serta Kabareskrim juga melakukan pemusnahan secara simbolis barang bukti hasil pengawasan Badan POM selama tahun 2014-2016 dengan nilai keekonomian mencapai 61,55 miliar rupiah.

Acara diakhiri dengan penampilan dari grup band Slank dengan meriah hingga para peserta dan undangan berebut ke depan panggung untuk mengabadikan momen ini Bersama Slank.

Nah, terus apa jadinya jika kita atau keluarga kita yang mengkonsumsi obat illegal tersebut? Yang pasti akan berdampak pada tubuh yang mengkonsumsinya.

obat ilegal. foto gitasiwi.com




Dan lagi, ternyata bukan hanya obat saja, namun bahan makanan juga banyak yang illegal yang justru beberapa makanan yang ada di pasaran ada yang mengandung bahan makanan yang dapat membahayakan bagi tubuh yang mengkonsumsi makanan tersebut. Maka jangan heran kalau banyak orang yang mendapatkan penyakit aneh-aneh sampai komplikasi.

Jangan-jangan aku dan kamu.

Iya kamu

Juga tidak sengaja memakan makanan yang mengandung bahan tambahan makanan yang berbahaya itu. Nah lho.

Skip


Mari tolak penyalahgunaan obat dan berantas obat ilegal untuk masa depan penerus bangsa.


#AksiNasional #TolakPenyalahgunaanObat #BerantasObatIlegal

4 comments:

  1. hebat. Pak Jokowi panggil Kabareskrim utk konfirmasi lebih lanjut. baiknya kita apakan para pengancam generasi bangsa itu

    ReplyDelete
  2. Kudu si tindes sih, biar ga ada lagi - lagi hehe

    ReplyDelete
  3. Waduh banyak yg sudah mengkomsumsi. Kata bimbim jlep banget .norak Dan kampungan kamu yg masih mengkomsumsi

    ReplyDelete
  4. Sudah seharusnya kita dukung program pemerintah tuk memberantas peredaran obat2 ilegal dan terlarang ini ya. Yuuk dukung pemerintah agar masa depan anak-anak kita terlindungi. Makasih sharingnya ya kak.

    ReplyDelete

Labels

#4TahunWB #AksiNasional #Ayam #ayoketransera #BerantasObatIlegal #ChickenCrazy #Inspirasi #Motivasi #PocmapBlogCompetition #ProyekUjianAkhirNasional #SemangatBisnis #Sotoji #TolakPenyalahgunaanObat #TrainingEducator #TranseraWaterpark #WARKOP #WBSelfiePC #WeLoveWB #YukBisnis 2012 3 79 Tahun Sinar Mas about AFF Akik Aksi Nasional Anak Anak Kosan anak kostan Aneh Angker Aplikasi April April Mop Arlan Asia Travel asing Astra Internasional Asuransi Astra ayat basa-basi bebas bekasi Belitung berbagi Berita Bersama Bing Biografi Bisnis Bisnis Anak Muda blog blogger bogor bola Budaya Bule Business Cerita Cerita Lama Chat Cinta cooking couple CSR Cuap-cuap deBlogger diary Dipersiapkan Download Dunia education Entrepreneurs EPITECH 6 Event Expo pendidikan dan teknologi Facebook Ferris Wheel Tertinggi di IndonesiaTiket Festival Fiksi Fiktif Order film Finance Food Football Foto Free Friend Gadget Galau Galeri Gamer Games Garda Oto Digital Garuda Gaya Hidup Gear S2 Gede Mountain Gmail Good Morning Love Google Gosip Gunung Gede Hari Besar Hari Jadi Bogor Harry Potter Harry Potterr Hewan Hiburan Hikmah HokBen hujan human Ibu IdBlogNetwork Indonesia Info Inovasi Terbaru Inspirasi International Internet Islam Jakarta Jaman jelek jendela Journey JSkyFerrisWheel Kalimat Kampung Inggris Kanan Karya Keajaiban Dunia kebiasaan Kekinian Kematian Kembar Kemenangan Kementrian kempali Kencan Kenyataan Kesadaran Kesehatan kesetiaan Kincir Raksasa Kiri kitchen appliance komodo Kompetisi Kosan Kostan kurban kursi Layanan Layanan Garda Oto Digital Linkungan love Lucu manfaat manusia Mekkah Menakutkan Mesin Pencari Mimpi Mite Catcher Mobile Modern Mosquito Catcher Motivasi Muda Multilevel Marketing Museum Narnia nasehat Ngakak ngenes notes Novel Nusantara Ofline Olah raga Online Store Pancasila Pancasila Sumber Inspirasi Maju Papua Parodi Pasangan Penakluk Penemuan Pengalaman Pengetahuan Penyanyi People Perantauan Peringkat Photo Plasmacluster pocmap Poconggg PojokWB Populer Produk Produk Inovasi Program Sekolah Ramadhan Rekor Muri Resolusi Juara Resolusi Juara 2012 Review Samsung Samsung Gear S2 School Sekolah Semangat Semangat Bisnis Seminar Sharp Indonesia Siap Sinar Mas single Sinopsis SMK Sotoji Sport Sukses Surat Surat untuk WeBe Syariah Takumi Quality tampan Tantangan Tantangan Pojok WeBe Teka Teka Indonesia Teknologi Teman Tempat Terungkap Thanks To tidur Tips tiruan Tours Tradisional Travel Trip Tutorial twitter UAN Ucapan UKP PIP unik Urban Usaha Video Visit Volcano Wanita Wanita Berpengaruh Warung Blogger waterpark WeBe Who I'm I Windows wisata wisata air World WOW Yuk Yuk Bisnis

#Follower