Aug 30, 2017

Permainan Tradisional Menjadi Lestari dan Berseri Bersama Astra

Apa yang kamu tahu mengenai PT Astra Internasional Tbk?
Sparepartnya?
Asuransinya? Sekalian SPG nya? #ups
Atau yang lainnya?

Nah, kali ini aku akan membahas Astra dalam hal lain, yaitu mengenai program CSR Astra yang beberapa hari lalu mengadakan acara puncak festival di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciaganjur.


Pada hari itu Rabu 27 Agustus 2017, Astra mengadakan final permainan tradisional dalam acara Festival Permainan Tradisional Berseri yang mengusung tema "Permainan untuk Anak Negeri", dan aku turut hadir untuk menikmati acara puncaknya.

Lho kok tiba-tiba langsung ke final?

Sebenernya PT Astra Internasional Tbk mengadakan Festival Permainan Tradisional Berseri ini sudah dari tanggal 17 Agustus dan diikuti oleh 13 KBA (Kampung Bersemi Astra) di Area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

Festival Permainan Tradisional Bersemi ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-Nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Adapun permainan tradisional yang dilombakan meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok yang semuanya mempunyai tingkat keseruan yang ngga kalah seru dibanding permainan di gadget yang sangat digandrungi oleh anak-anak generasi millenial.

Jalan Balok

Egrang

Saking semangatnya, anak pemenang Egrang ini jatuh ketika mencapai garis finish

Dagongan

Selain itu, dalam rangkaian acara ini dibawakan juga kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur. Mereka adalah pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017 lalu.
Tarian tradisional yang diperankan oleh siswi di KBA Ciganjur

Puncak festival ini dihadiri oleh Asisten Deputi Permainan Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bayu Rahadian, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Rohika Kurniadi, CEO Happy Heart Foundation Sylvia Beiwinkler, Tokoh Permainan Anak Tradisional Endi Aras dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

KBA para pemenang lomba permainan tradisional anak:
1. Permainan Hadang: Juara 1 KBA Sunter Jaya, Juara 2 KBA Cengkareng Timur, Juara 3 KBA Warakas
2. Permainan Terompah Panjang: Juara 1 KBA Bhakti Jaya, Juara 2 KBA Kebon Jeruk, Juara 3 KBA Pulau Pramuka
3. Permainan Egrang: Juara 1 KBA Lengkong Kulon, Juara 2 KBA Pekayon, Juara 3 KBA Sunter Jaya
4. Permainan Dagongan: Juara 1 KBA Cengkareng Timur, Juara 2 KBA Ciganjur, Juara 3 KBA Lengkong Kulon
5. Permainan Jalan Balok: Juara 1 Warakas, Juara 2 Lengkong Kulon, Juara 3 Pekayon

Juara umum Festival Permainan Tradisional Berseri ini diperoleh KBA Lengkong Kulon dan KBA Cengkareng Timur.

Para pemenang lomba mural Astra se-Jadetabek
1. Juara 1: Big Box dari Binus University
2. Juara 2: Mikey dari Binus University
3. Juara 3: RC One dari Raffles College

Para Pemenang Festival Permainan Tradisional

Pemenang Mural
KBA Cengkareng sebagai Juara Umum   
KBA Lengkong Kulon sebagai Juara Umum

Kampung Berseri Astra
Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri (bersih, sehat, cerdas, dan produktif), sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Mari kita lestarikan permainan tradisional untuk mempererat gotong royong sesama dan menjadikan anak generasi millenial yang berseri-seri dalam kekompakan untuk meraih kemenangan.

Share:

3 comments:

  1. Permainan yang lari balok itu mesti bener-bener mahir dalam kecepatan mindahin baloknya, yaa...
    Yang bisa jadi juara keren beud

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus fokus dan imbang antara pikiran, hati, tangan dan kaki, jangan sampai fokus ke mantan nanti sakit #ehh

      Delete
  2. itu kenapa sampe jatoh gitu, kasian babeee

    ReplyDelete