Apr 4, 2022

Biar Kamu Semakin Sukses, Ini Dia 5 Tips Usaha Online Agar Terus Berkembang

Ada kisah unik yang mamang lihat terjadi di masa pandemi dua tahun terakhir ini. Tak sedikit orang-orang yang berusaha bangkit dengan cara membangun usaha online. Jujur, mamang senang sih melihatnya. Bahwa meski di masa pandemi banyak cerita sedih, tapi tak sedikit juga orang-orang yang jadi berhasil dalam membangun usahanya.

Sebenarnya tak sedikit yang memang diam-diam sudah bermimpi untuk memiliki usaha sendiri. Namun, dengan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan untuk menunda mimpi itu. Sampai di masa pandemi, tak sedikit perusahaan yang terpaksa gulung tikar dan mem-PHK-kan sejumlah karyawannya. Mau tak mau, akhirnya berusaha bangkit dengan mewujudkan mimpi lamanya membuka usaha sendiri. Blessing in disguise mungkin kalimat yang cocok untuk menggambarkan kisah ini. Meski pastinya tak mudah membangun usaha sendiri, apalagi dari nol.

5 Tips Usaha Online Agar Terus Berkembang dengan JDL Express
gambar by freepik

Salah satu usaha yang dirasa paling memungkinkan untuk dirintis di masa pandemi kemarin adalah berjualan online. Bukan apa-apa, jualan online dianggap lebih aman mengingat tak perlu bertemu tatap muka antara penjual dan pembeli. Selain itu berjualan online juga lebih menghemat modal usaha, karena tak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Bisa dilakukan dari rumah aja. 
Meski begitu, bukan berarti jualan online adalah hal yang mudah. Tetap saja dibutuhkan strategi yang tepat dalam bersaing di dunia bisnis. Kali ini mamang ingin berbagi tips jualan online, biar usaha kalian semakin berkembang. Mau tahu enggak? Baca terus sampai akhir ya tulisan mamang ini.

5 Tips Usaha Online Agar Terus Berkembang

1. Cari tahu hal yang unik dari produk yang kamu pasarkan

Salah satu permasalahan dalam jualan online adalah, menjual produk yang mungkin sama dengan orang lain. Tapi, serupa bukan berarti sama persis sebenarnya. Kamu harus mencari tahu hal untuk apa dari produk yang kamu pasarkan, yang jadi pembeda dengan produk-produk lainnya. 

2. Gunakan media sosial

Namanya juga usaha online, tentunya kamu harus bisa maksimal dalam menggunakan jaringan internet sebagai pemasaran. Maksimalkan penggunaan media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga Tiktok. Jangan cuma memasarkan produk kamu di salah satu platform media sosial saja. 

3. Buat foto dan video yang menarik

Dalam menggunakan media sosial, tentunya kamu juga harus membuat foto atau video yang menarik dong. Asah kemampuan membuat foto dan video. Atau kalau kamu merasa kamu tak sanggup untuk melakukannya sendiri, kamu bisa kok menggunakan jasa foto produk. Sekarang ini tak sedikit yang menawarkan untuk membantu UMKM membuat foto produk dengan harga yang terjangkau. Foto dan video yang menarik ini nantinya bukan hanya untuk digunakan di media sosial saja, tapi juga dipasang di tempat kamu memasarkan produkmu. 

4. Promosi dan hadiah

Bukan rahasia lagi kalau memberikan promosi bisa jadi salah satu trik marketing yang masih terus digunakan hingga sekarang. Namun, memberikan promosi artinya kamu harus siap mengurangi sedikit keuntungan yang seharusnya kamu dapatkan. Tapi kalau itu bisa membuat lebih banyak orang yang membeli dagangan kamu, kenapa tidak?

Selain promosi kamu juga bisa menyelipkan hadiah di dalam kemasan produk. Enggak perlu terlihat mewah. Saat ini sudah cukup banyak yang memberikan hadiah berupa stiker lucu-lucu. Ini juga bagus untuk jadi branding awareness. 

5. Gunakan jasa logistik yang tepercaya

Ketika pengiriman pesanan dirasa lama, jangan semata-mata melemparkan tanggung jawab ke jasa pengiriman saja. Biar bagaimana pun kamu turut andil dalam menentukan jasa logistik yang kamu gunakan untuk pengiriman paket itu. 

Pengiriman yang cepat dan lancar juga jadi salah satu tolak ukur dalam kepuasan konsumen. Jangan pernah disepelekan dalam memilih jasa logistik.

JDL Express Indonesia, Partner Logistik Tepercaya Online Seller dan UMKM

Biar usaha kamu semakin lancar, mamang kasih tahu #PartnerLogistikTepercaya yang bisa kamu andalkan, JDL Express Indonesia. Ada yang sudah menggunakan JDL Express Indonesia sebagai partner logistiknya? Pasti paket pengiriman kamu lancar-lancar selalu ya. Buat yang belum, yuk mamang kenalkan sama JDL Express Indonesia. Biar abis kenalan, kamu jadi sayang sama JDL Express Indonesia.

JDL Express Indonesia merupakan perusahaan logistik dan ekspedisi yang melayani B2C (Business to Customer) dan B2B (Business to Business). Saat ini, JDL Express Indonesia memang belum melayani pengiriman C2C (Customer to Customer) dan juga belum memiliki gerai outlet atau keagenan. Target market JDL Express Indonesia adalah pemilik online shop/bisnis online yang disebut dengan #TemanOnlineSeller, pelaku UMKM, dan juga melayani perusahaan/korporasi.

Buat #TemanOnlineSeller dan pelaku UMKM, jenis pengiriman yang biasanya ditawarkan oleh JDL Express Indonesia adalah pengiriman B2C. Sedangkan untuk klien perusahaan/korporasi, JDL Express Indonesia menyediakan layanan B2B. Untuk B2C, JDL Express Indonesia menyediakan produk pengiriman berupa regular delivery (maksimal paket berdimensi P. 39 cm x T. 39 cm x L. 39 cm) dan kargo (pengiriman barang berat mulai dari 10 kg). Sementara untuk B2B, JDL Express Indonesia menyediakan produk pengiriman berupa customized delivery atau yang biasa disebut juga dengan istilah tailor-made delivery. Pengertiannya adalah pengiriman yang disesuaikan dengan model bisnis dari klien perusahaan/korporasi.

Selain itu JDL Express Indonesia juga menyediakan layanan metode pembayaran yang menjadi unggulan, yaitu COD (Cash on Delivery) dan CSOD (Card Swipe on Delivery). Perbedaan antara keduanya adalah CSOD merupakan metode pembayaran di tempat dengan menggunakan kartu debit atau kredit melalui mesin EDC yang dibawa oleh kurir JDL Express Indonesia. Dengan kata lain, pembayarannya tidak menggunakan uang tunai seperti COD.

JDL Express Indonesia juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti:
  • Drop point dan warehouse yang tersebar hampir seluruh Indonesia, kurir terlatih dan berpengalaman dijuluki Smiling Warrior, 
  • Dedicated project team dan sales support yang kooperatif dan suportif, layanan pelanggan yang handal dan cekatan menangani komplain atau kendala customer, 
  • Merchant Dashboard untuk memonitor jalannya operasional, mengetahui balance dana COD yang terkumpul, mencetak shipping label dengan tampilan yang sangat user friendly, 
  • Diskon ongkir dan tiering, pencairan dana COD yang mudah dan lancar sampai tiga kali dalam seminggu dengan biaya admin yang kompetitif, 
  • Dan sewa gudang bersama (fulfillment) dengan harga murah di berbagai kota besar di Indonesia.

5 Alasan yang menjadikan JDL Express Indonesia sebagai #PartnerLogistikTepercaya

  1. JDL Express Indonesia sudah berpengalaman melayani pengiriman dan menangani COD sejak 2015. 
  2. JDL Express Indonesia berada dalam satu ekosistem yang sama dengan JD.ID. 
  3. JDL Express Indonesia mempunyai 8 warehouse, 250+ drop point, dan 3.000+ kurir terlatih dan berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia. 
  4. Sejak 2015, JDL Express Indonesia sudah dipercaya oleh brand-brand dan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.
  5. Layanan dan fasilitas pendukung lainnya: dedicated project team dan sales support yang kooperatif dan suportif, Merchant Dashboard untuk memonitor jalannya operasional dengan tampilan yang sangat user friendly, diskon ongkir dan tiering, pencairan dana COD yang mudah dan lancar sampai tiga kali dalam seminggu dengan biaya admin yang kompetitif, dan sewa gudang bersama (fulfillment) dengan harga yang murah di berbagai kota besar di Indonesia.
Gimana, sudah mulai tertarik untuk menjadikan JDL Express Indonesia sebagai #PartnerLogistikTepercaya usaha online kamu? Kalau mamang sih jelas enggak akan ragu lagi untuk menjadikan JDL Express Indonesia sebagai partner dalam pengiriman paket-paket usaha aku. Dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun, dan jumlah kurir lebih dari 3.000 tersebar di seluruh Indonesia, pengiriman barang jadi lancar. Mamang enggak perlu dihantui perasaan enggak tenang paket hilang atau sebagainya, begitu paket dikirim, tinggal melanjutkan promosi dagangan. 

Promo SERBU Ongkir JDL Express Indonesia hanya Rp6.000 per Kg

Apalagi saat ini promo #SERBU datang lagi. Pengiriman dari dan untuk tujuan coverage area Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Cimahi, Tegal, Semarang, Surabaya dan Sidoarjo dikenakan ongkir hanya Rp6.000 per kg. Murah banget kan?

Yuk, buat para online seller dan UMKM mulai gunakan  layanan logistik JDL Express Indonesia dan dapatkan promo #SERBU. Caranya enggak sulit kok, kalian cukup mendaftar di website jdlexpress.co.id/business-register. Proses registrasinya gratis, mudah, praktis, dan tidak dikenakan biaya/dimintai pembayaran ataupun dana apa pun. Nantinya, setelah registrasi, online seller dan korporasi akan dihubungi oleh Tim Sales JX untuk melengkapi proses selanjutnya.

Biar usaha kamu semakin laris, jangan lupa kepoin akun sosial media JDL Express Indonesia berikut ini, karena  banyak insight, tips, dan trik seputar bisnis online yang bermanfaat:
- Instagram: @jdlexpressid (https://www.instagram.com/jdlexpressid/) 
- Facebook: JDL Express Indonesia (https://web.facebook.com/jdlexpressid) 



Share:

8 comments:

  1. dari dulu pengen punya usaha online, untuk expedisi juga perlu diperhatikan ya. Biar konsumen bisa terima barang tepat waktu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mba, jadi pengusaha dan pelanggan tetap bisa merasa nyaman kalau expedisi terpercaya mah. Gasskeun bikin usaha online

      Delete
  2. Eh ko aku br denger yak bs kerenloo bisa semurah itu yaa jadi tertarik tp so far cm sbg konsumen aja sii blm bergerak sbg pelaku usaha umkm 😁

    ReplyDelete
  3. Kunci utama yang ngga bisa dilewatkan adalah bagaimana masalah pengiriman barang yang mesti bagus dan sampai ke konsumen tepat waktu dan barangnya juga harus dalam kondisi utih tanpa rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Jadi tau ada delivery JDL. Tapi segmennya masih utk bisnis ya mas. Sbnrnya kalo aku belanja dari suatu olshop, aku ga masalah sih mereka mau pakai delivery apa. Yg penting mah sampai dengan selamat 😄.

    Bagus jugaaa mereka ada card swipe segala, ga hanya cod. Buatku yg jrg pegang tunai itu sangat membantu. Kenapa slama ini males cod, Krn aku memang ga pegang tunai di rumahm ada, tapi ga banyak. Hanya utk jajan yg kecil2. LBH suka bayar pakai kartu atau e-wallet kalo belanja

    ReplyDelete
  5. Kerjasama antara pelaku usaha UKM dengan ekspedisi ini sangat diperlukan sekali. Karena salah satu bukti bahwa customer belanja lagi dengan pelayanan pengiriman yang baik. Bersama JDL Express Indonesia, maka pengiriman akan aman dan terpercaya.

    ReplyDelete