Dec 27, 2020

Hindari Resiko Terkena Kanker dengan 7 Cara Ini

Masih agak kaget aku mendengar curhatan seorang kawan yang lama tak bersua ternyata  sedang berjuang melawan kanker. Padahal usianya enggak beda jauh sama aku. Ternyata penyakit kanker ini memang enggak pandang usia ya.

sumber: Kemenkes.go.id

Dari beberapa artikel yang aku baca tentang kanker, ternyata sebenarnya setiap manusia itu  memiliki sel kanker dalam tubuhnya, namun tidak terdeteksi dalam pemeriksaan standar, kecuali jika sel-sel itu berkembang biak semakin banyak. Ngeri juga ya, kalau gitu mah artinya kita harus berhati-hati menjaga agar tidak sampai bertambah banyak sel kanker dalam tubuh kita.

Mencegah memang selalu lebih baik dilakukan, daripada mengobati. Kanker merupakan penyakit serius yang bukan saja bisa mematikan, tapi juga menghabiskan waktu dan biaya. Jadi kalau bisa mencegah penyakit kanker, kenapa tidak kita mulai dari sekarang?

Masih bingung apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah dari penyakit kanker? Tenang, aku bakal kasih tahu beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker sejak dini, ini nih caranya:

1. Atur pola makan sehat

Salah satu cara untuk menghidari penyakit kanker adalah dengan membiasakan diri makan makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian dan kacang-kacangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


sumber: https://unsplash.com/photos/jUPOXXRNdcA

Batasi konsumsi lemak, karena lemak jenuh yang terdapat pada daging, mentega, dan olahan susu full cream, serta asam lemak pada margarin justru dapat memicu kanker. Bukan berarti berhenti total makana-makanan semua itu, buat aku daging, terutama yang dipanggang itu sebuah godaan nikmat. Sesekali tetap boleh, hanya saja konsumsinya dibatasi.

Enggak semua lemak itu jahat, karena ada lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun, serta asam lemak omega-3 pada salmon justru membantu mencegah kanker. Jadi, mungkin bisa mengurangi makan daging, tapi perbanyak konsumsi salmon untuk mencegah penyakit kanker.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga baik buat kesehatan sudah menjadi rahasia umum. Olahraga secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker. Ada sebuah penelitian yang menyatakan jika aktif secara fisik, bisa menurunkan resiko kanker sekita 10-120%. Ayo, jangan pada malas bergerak!

sumber: https://unsplash.com/photos/mQVWb7kUoOE

Kamu bebas melakukan olahraga apa pun yang kamu sukai, lari, sepeda, jalan santai, renang, atau apapun. Hanya saja lakukan secara rutin, paling tidak lakukan selama 30 menit setiap harinya untuk aktivitas fisik yang ringan, atau sekitar 75 menit setiap minggunya untuk olahraga yang lebih intens.

3. Berhenti merokok

Ayo, para perokok, kamu bisa kok berhenti merokok. Itu tulisan peringatan di kemasan rokok bukan sakadar buat menakut-nakuti lho. Bukan saja kanker paru-paru, tapi merokok bisa meningkatkan resiko kanker lainnya seperti mulut, tenggorokan, kerongkongan, pankreas, ginjal, kandung kemih, bahkan leher rahim.

sumber: https://unsplash.com/photos/nK28xCXEAVA

Resiko terkena kanker ini bukan bisa terjadi pada perokok aktif saja, tapi juga pada perokok pasif. Ayo, segera berhenti merokok, kalau kamu peduli diri kamu dan orang-orang di sekitar kamu.

4. Berhenti minum alkohol

Bukan hanya berhenti merokok, tapi sebaiknya kamu juga berhenti untuk mengkonsumsi minuman alkohol. Alkohol bisa merusak sel-sel tubuh dan memicu pertumbuhan sel kanker. Ada berbagai resiko jenis kanker yang akan meningkat jika kamu konsumsi alkohol terlalu sering. Kalau menurut pendapat aku sih, lebih baik berhenti daripada sekadar mengurangi minum alkohol.

5. Gunakan sunscreen

Sinar matahari itu bukan sekadar bikin silau atau bikin kulit kita jadi hitam dan kusam saja. Paparan sinar matahari bisa juga membuat kita resiko terkena kanker kulit. Salah satu cara untuk melindungi diri kita dari resiko penyakit kanker kulit adalah dengan menggunakan sunscreen, minimal yang mengandung SPF 30 untuk sehari-hari. Sebaiknya kamu juga menghindari dari terkena sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Kalau pun terpaksa berjalan ke luar di jam-jam segitu, usahakan untuk pakai topi sebagai tambahan perlindungan  diri.

6. Kelola stres

Salah satu penyebab kanker adalah akibat stres. Karenanya penting banget untuk bisa mengelola stres. Enggak mudah memang untuk melakukan hal ini, karena kadang akibat permasalahan hidup yang ada, kita cenderung terbawa arus dan jadi stres. Bahkan anak-anak pun bisa mengalami stres.

https://unsplash.com/photos/mlVbMbxfWI4

7. Lindungi diri dengan asuransi kanker

Sakit kadang datang begitu saja, meski merasa sudah menjalankan pola hidup sehat. Untuk itu ada baiknya memiliki asuransi kesehatan, sebagai bentuk perlindungan. Dengan meiliki asuransi kesehatan, tentunya akan memudahkan dan meringankan beban dalam menjalani pemeriksaan dan pengobatan.

Sekarang ini sudah banyak asuransi kanker, tapi kalau aku sih akan memilih FWD Cancer Protection dari  FWD Insurance untuk melindungi aku dari penyakit kanker. Pasti pada kepo ya kenapa aku memilih FWD Insurance ini?


Alasan aku memilih FWD Cancer Protection semata-mata karena manfaat yang diberikannya. FWD Cancer Protection itu  memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika Kamu didiagnosis Kanker. Perlindungan ini  akan langsung diterima jika terjadi risiko. Jadi enggak perlu khawatir  lagi dengan biaya-biaya tak terduga , kita tinggal fokus pada proses pemulihan.

FWD Cancer Protection ini merupakan Asuransi Kanker Online, kita bisa dengan membelinya secara online hanya dengan 4 langkah mudah saja. Pertanyaan yang diajukan pun hanya 3 pertanyaan saja. Ini sih asuransi mudah beneran, enggak bikin repot.



Kemudahan yang ditawarkan oleh FWD Cancer Protection ini enggak sampai diproses pembelian saja, tapi juga pembayaran sampai proses klaimnya. Umumnya kita berpikir yang namanya asuransi itu pasti mahal, tapi FWD Cancer Protection ini justru bisa dimulai dari Rp 10.000 per bulan saja, tinggal disesuaikan dengan kemampuan kita dan bisa bebas pilih uang pertanggungan. Proses klaim dan pengajuannya no ribet-ribet club, selama dokumennya lengkap, bisa dilakukan secara online dan cepat.  

Nah itu dia, 7 cara untuk mencegah dari penyakit kanker. Selalu sedia payung sebelum hujan. Daripada cuma bilang “amit-amit jangan sampai sakit kanker”, lebih baik mulai pola hidup sehat dan proteksi diri dengan asuransi. Jangan sampai menyesal kemudian deh. Meski jelas enggak ada yang mau sakit, tapi kita enggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita selanjutnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Sehat, sehat selalu semuanya.  

Share:

0 komentar:

Post a Comment