May 26, 2019

Ngobrol Asik Perihal Mudik Lebaran Bersama Kementrian Perhubungan

Momen Ramadan menjadi yang ditunggu-tunggu bagi semua umat, baik umat muslim yang menjalankan puasa maupun non muslim yang pada hakikatnya tidak menjalankannya. Yang ditunggu-tunggu di bulan Ramadan yaitu eratnya silaturahmi yang dilampiaskan melalui Bukber atau buka puasa bersama. Bukber jadi hal yang ditunggu-tunggu dan melalui persiapan yang mantap untuk mengumpulkan teman-teman di setiap angkatan. Yaa, jadwal ngumpul ramean pada sore hari, menunggu magrib, makan bareng, ngobrolin masa lalu sembari bercanda tawa, bergembira bersama menjadi hal yang jarang dilakukan di hari biasanya dan bisa dibilang bukber adalah hal yang wajib dikakukan untuk mempererat silaturahmi bersama teman masa sekolah.

Selain bukber, ada momen yang ditunggu-tunggu pula dan harus dilakukan dengan perencanaan yang matang yaitu mudik. Ya, dengan liburan panjang bagi semua orang menjadikan mudik adalah hal yang harus dilakukan, apalagi untuk melawan rindu dengan keluarga dan teman di kampung halaman.

Nah, sore itu pada Rabu 23 Mei, aku berkesempatan hadir dalam acara bukber dengan tema "Ngobrol Bersama Menhub" di Grean House Coworking Space and Office - Multivision Tower, Kuningan - Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan ini dihadiri oleh Mentri Perhubungan, Influencer, Vlogger dan Blogger untuk ngobrolin Mudik Bareng Asik Lancar yang menjadi slogan utama momen mudik lebaran kali ini.

Acara diawali dengan nonton vlognya Pandji Pragiwaksono dengan Menhub Budi Karya, kemudian dilanjutkan dengan kuktum dari Ustad Komarudin yang didatangkan langsung dari Bandung, FYI, Ustad Komarudin ini pun punya Blog dan akun Youtube sebagai media untuk dakwahnya. Ust Komarudin menyampaikan beberapa hal pada kultumnya seperti  puasa bisa meningkatkan iman dan takwa bagi pribadi yang melakukannya hingga puasa dapat menjadikan pribadi yang sabar.

Adzan magrib pun berkumandang, kami pun sama-sama membatalkan puasa, bergegas shalat magrib dan tak lupa menikmati kudapan yang disediakan.

Setelah kenyang dengan santapan berbuka, acara pun dilanjutkan dengan obrolan asyik yang dipandu oleh moderator dengan Narasumber Mentri Perhubungan Bpk. Budi Karya.

Budi Karya menyampaikan beberapa hal terkait Mudik Bareng Asik Lancar di momen mudik lebaran yang ditunggu-tunggu. Pada hal ini, Bpk Budi memaparkan program-program yang dilakukan Kemenhub untuk kelancaran dan keselamatan mudik lebaran 2019. Untuk kelancaran jalur mudik, Kemenhub pastinya melakukan rekayasa lalu lintas seperti Ganjil - Genap dan jalur satu arah di berbagai lokasi jalur mudik. Pun untuk kemudahan masyarakat, Kemenhub melakukan program rutinnya yaitu Mudik gratis bagi pengguna motor dan program terbarunya Mudik bersama disabilitas.

Kementrian Perhubungan juga bekerja sama dengan unit terkait seperti aparat pemerintah, Polri hingga TNI untuk kelancaran pada perjalanan mudik dengan transportasi umum baik darat, laut maupun udara.

Adapun himbauan yang disampaikan oleh Menhub untuk Mudik lebaran 2019

  • Lakukan perencanaan yang matang untuk keselamatan dan kelancaran saat mudik.
  • Tidak menggunakan kendaraan Motor, jika motor dibituhkan saat berada di kampung halaman, motor bisa dijajakan menggunakan kereta atau kapal secara gratis, dengan begitu pemudik bisa mudik dengan aman dan lancar menggunakan kereta, bus, pesawat atau kapal secara terpisah.
  • Bawa barang bawaan sewajarnya dan tidak berlebihan saat akan melakukan mudik.
  • Melaksanakan mudik yang seharusnya dengan mematuhi peraturan lalu lintas serta tidak memaksakan diri saat kelelahan dengan istirahat sejenak di bahu jalan atau siapkan sopir backup saat mudik menggunakan mobil pribadi.


Selain himbauan yang disampaikan, Bpk Budi Karya juga menyarankan kepada pemudik yang menggunakan transportasi pribadi untuk mampir dan menikmati kuliner dengan manfaat bisa istirahat sejenak dan meningkatkan usaha masyarakat di jalur mudik.

Nah, adapun referensi jalur mudik dengan kuliner nusantara bisa kita lihat di laman Yuk Mampir yang disediakan oleh Kementrian Perhubungan dengan mengakses dan download ebook yang disediakan oleh Departemen Perhubungan. Kamu bisa cari di om gugel dengan keyword "Peta Kuliner Trans Jawa".

Pak Budi Karya pun memberikan referensi kukiner di Cirebon seperti Empal Gentong dan Nasi Jambal, lalu kalau ke Cilegon ada Ayam Bekakak dan Nasi Gonjleng dan masih banyak lagi.

Tak lupa sebelum acara ditutup, kami pun berfoto bersama, dan para Vlogger sekalian ngevlog bareng Pak Budi Karya secara bergantian. Diakhiri dengan penampilan pak Menhub yang bernyanyi dengan suara asiknya.

Kamu, sudah siapkan untuk mudik lebaran ini? Inget, bawa barang bawaan secukupnya dan siapin angpau yang banyak buat bagi-bagi kurcil-kurcil di kampung halaman nanti.

Udah dulu ya, lagi di kereta, nanti kita lanjut gibahan selanjutnya yang pastinya lebih menarik

Ceriozzzz

Bonus:
Kami bersaudara namun karena kami terdampar di suatu pulau kami tersesat dan terpisahkan, dan kini kami bisa bertemu di satu acara. Tunggu aku akan menyusul jadi Kapten, biar istri banyak hehe

Share:

0 komentar:

Post a Comment