Dec 31, 2018

Kolaborasi yang Bersinergi, Ciptakan Keharmonisan dan Gotong Royong di KBA Lengkong Kulon

Perjalanan pagi itu, sinar mentari menampakkan dirinya, menghangatkan bagian dari tubuh ini yang sedang menyusuri kawasan kota, berdiri bangunan megah mulai dari unit usaha, ruko, hingga clusters mewah di BSD City Tangerang. Tak jauh dari kemoderenan kawasan itu, suasana asri dengan pepohonan di kanan dan kiri juga masyarakat yang tersenyum berseri menuntun kami, narablog atas kunjungan untuk mengetahui apa yang ada di Lengkong Kulon.

Lengkong Kulon merupakan sebuah kampung yang cukup asri di kawasan Pagedangan - Banten, dengan luas tanah sekitar 75 hektar yang dihuni oleh 700 Kepala Keluarga. Kampung ini sebagai salah satu binaan Astra dengan nama Kampung Berseri Astra Lengkong Kulon.

Tiba di area Kampung Berseri Astra Lengkong Kulon, kami disuguhi dengan secangkir teh talang dan pantun ala adat betawi sebagai ucapan selamat datang di kawasan mereka. Dentuman gendang juga seruan kosidahan dilantunkan oleh anak remaja untuk menyambut kedatangan narablog. Keramahan warga mulai terasakan dari awal dengan berbagai penyambutan yang membuatku nyaman dan dihargai sebagai tamu.

Kami pun dipandu oleh Yuli Sulastri ke setiap area pada empat pilar KBA. Hadirnya Kampung Berseri Astra di kawasan Kampung Sawah Lengkong Kulon dimulai pada 2017. Astra memilih Desa Lengkong Kulon karena adanya potensi yang kuat dari alam dan budayanya. Selain potensi, Desa Lengkong Kulon juga butuh perhatian yang kuat karena wilayah ini merupakan salah satu yang bertahan diantara bangunan megah disekitarnya.

Kampung Berseri Astra merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan yang diinisiasi oleh PT Astra International yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan empat pilar seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kewirausahaan. 

Melalui program ini Astra mengajak masyarakat untuk berkolaborasi untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat dan produktif, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Kolaborasi yang Bersinergi antara kegiatan masyarakat dan pilar dari KBA di lingkungan Lengkong Kulon

Pendidikan
Untuk meningkatkan minat baca masyarakat KBA Lengkong Kulon, Astra memberikan Gerobak Pintar berisi buku mulai dari buku anak sampai dewasa. Adanya Gerobak Pintar menjadikan warga dapat membaca buku dengan mudah tanpa perlu ke perpustakaan. Selain meningkatkan minat baca, pembimbing di KBA pun mengajak anak-anak di KBA Lengkong Kulon untuk bermain permainan tradisional bersama di waktu luangnya dengan tujuan untuk mengurangi kecanduan gadget yang dudah menjalar. 

Gerobak Pintar tingkatkan minat baca anak
sumber: dokpri

Pada pilar Pendidikan, KBA - Lengkong Kulon berkolaborasi dengan Paud Az-Zahra yang berada di kawasan Kampung Sawah guna tercapainya misi dari pilar tersebut untuk mencerdaskana serta meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Dengan kolaborasi ini, PAUD Az-Zahra pun mendapatkan pembinaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga PAUD Az-Zahra pun mendapatkan berbagai penghargaan dari Kabupaten hingga Provinsi. 

Kesehatan
Pada pilar kesehatan, KBA Lengkong Kulon membuat program Posbindu yang berkolaborasi dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) dari perintah yang sebelumnya sudah hadir di Posyandu Lengkong Kulon. Dengan kolaborasi ini, masyarakat bisa melakukan pengecekan juga edukasi kesehatan secara berkala tanpa menunggu waktu, karena anggota Posbindu akan langsung mendatangi perkumpulan masyarakat seperti saat setelah ada pengajian, dimana pengurus KBA Lengkong Kulon dalam pilar kesehatan dengan program Posbindu memeriksa kesehatan setiap warga mulai dari pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolestrol, kesehatan mata, hingga memberikan edukasi kesehatan lainnya. Posbindu pun mendapatkan penghargaan dari Kabupaten hingga Provinsi sebagai program posyandu terbaik.

Selain itu, Posbindu pun memiliki program Asi Eksklusif bagi bunda dan anaknya yang baru lahir, untuk menjadikan anak yang sehat dan cerdas kedepannya. Dalam program ini, Posbindu memberikan apresiasi kepada masyarakat yang berhasil menjalankan program Asi Eksklusif. 

Lingkungan 
Lingkungan asri dan bersih jadi hal yang menarik di kampung Lengkong Sawah, hadirnya kebun ekowisata di atas tanah seluas 400 meter dikelola secara gotong royong dan memanfaatkan lahan kosong tanah wakaf di pemakaman. Kebun Ekowisata ini diberi nama Kebun Sabilulungan (gotong royong). 

Varian Sayuran di Kebun Sabilulungan
Berbaris bedengan dengan berbagai varian tanaman yang berbeda setiap bedengnya secara berurutan untuk menjadikan tanaman sayur yang subur mulai dari Jagung, Kacang Panjang, Cabe, Kangkung, Cesin dan lainnya. Cara tanam di kebun ekowisata Sabilulungan menggunakan sistem tanam organik dengan pupuk kompos dan cair yang dibuat sendiri oleh warga sehingga sayuran yang dipanen nantinya aman bagi tubuh. 

Kewirausahaan
Supaya kegiatan di KBA Lengkong Kulon terus berjalan dan kualitas hidup warga terus meningkat, Astra juga membimbing warga untuk belajar kewirausahaan dengan membuat ukiran dan alat masak kayu, jus buah hingga teh bunga. Tak lupa hasil panen pun dijual untuk keberlangsungan kegiatan pada pilar lainnya seperti pemeriksaan kesehatan, pembelian bibit tanaman juga kegiatan lainnya sehingga kegiatan KBA terus berjalan dengan baik. 

Pengrajin Kayu dan Spatula
sumber: dokpri


Meskipun program KBA di Lengkong Kulon baru berjalan satu tahun, namun prestasi KBA - Lengkong Kulon cukup baik dan menjadikan peringkat tingkat 4, yang sebelumnya masih ada di tingkat 1. Ngga hanya itu. Di tahun pertama KBA Lengkong Kulon pun mendapatkan juara terbaik pertama dalam lomba permainan tradisional tahun lalu. Mungkin dengan begitulah Astra memberikan kepercayaan kepada KBA Lengkong Kulon.

Juara Umum Festival Permainan Tradisional Berseri
sumber: dokpri
Kolaborasi kegiatan warga yang disempurnakan dengan pilar Kampung Berseri Astra menjadikan warga yang kompak, meningkatnya jiwa gotong royong dan kebersamaan serta menjadikan warga yang sehat, cerdas dan produktif. 

Semoga dengan adanya program KBA di Lengkong Kulon, semangat warga tertular pada kampung-kampung lainnya, sehingga kampung-kampung di Indonesia juga memiliki kualitas dan taraf hidup yang baik.

#LFAAPABSD
Share:

4 comments:

  1. Ada kebun ekowisata juga ternyta di lengkonhg Kulon. Ini bisa jdi alternatif mata pencaharian masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf ekonomi .
    Semoga ada program2 baru yang pastinya membantu masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, dan kebunnya organik pula, jadi daya jualnya juga cukup lumayan. Aamiin, semoga KBA Lengkong Kulon terus mandiri dan menular ke kampung lainnya.

      Delete
  2. Lengkap ya dengan berbagai kegiatan yang ada di KBA Lengkong Kulon, lokasinya tak terlalu jauh dari tempat saya tinggal. Harapannya melalui KBA mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat ya.

    ReplyDelete
  3. KBA Lengkong Kulon ini sudah sering saya lihat di instagram, teruatam soal budidaya sayuranya, semoga kedepan makin lancar dan banyak menginspirasi banyak masyarakat di daerah lainya, amin :)

    ReplyDelete