Nov 17, 2018

5 Tips Pintar Berantas Hoax dengan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak

Seberapa berpengaruh kah media sosial di era millenial? Sangat berpengaruh, karena saat ini kita bisa mendapatkan segala informasi tidak hanya melalui televisi, radio atau koran saja, melainkan justru semua informasi bisa kita dapatkan melalui internet khususnya media sosial.

Informasi yang dapat ditemukan di media sosial kini tidak hanya informasi baik, melainkan banyak pula bertebaran informasi hoax yang bisa merugikan diri sendiri juga masyarakat.

Nah, kali ini aku akan gibahin cara pintar berantas hoax dengan menggunakan media sosial secara bijak

1. Cek Kebenaran Informasi
Informasi di internet khususnya media sosial terus bertebaran, namun sifat para millenial selalu berpikir cepat dan instan, kebanyakan dari mereka tidak membaca informasi secara keseluruhan hingga akhirnya informasi yang didapatkan menjadi gamblang dan mempercayainya begitu saja tidak berdasarkan fakta yang sebenarnya melainkan percaya akan opini yang dilihatnya. Apalagi banyak informasi hoax yang ada dikemas secara simpel dan bertebaran dengan opini-opini yang meyakinkan masyarakat untuk mempercayainya.

2. Berbagi Informasi Positif 
Untuk menanggulangi serta meminimalisir informasi hoax, kamu bisa memulainya dengan menyebarkan informasi positif dengan membuat konten yang menarik, semakin menarik konten positif dibuat dan hadir di media sosial maka semakin betah pula masyarakat menikmati konten tersebut hingga akhirnya konten negatif tersingkirkan. Karena pengalamanku mengakses konten positif berulang-ulang maka konten yang serupa juga terus hadir dari berbagai akun media sosial yang berbeda. Coba kamu cek akunnya @wempydyoctakoto ia terus memberikan inspirasi dan energi positif terlihat dari setiap postingan yang dia lakukan di media sosial  seperti Instagram dan twitter miliknya. 

3. Pertimbangkan Berbagi Informasi
Nah, ini nih yang sering terjadi di era millenaial, kebanyakan dari kita spontan berbagi informasi yang bisa membuat kontroversi, saat mendapatkan informasi entah informasi itu baik ataupun buruk, selagi informasi tersebut menarik, maka setiap orang bisa membagikan ulang tanpa mengetahui sumber serta fakta yang sebenarnya, hingga akhirnya banyak orang percaya informasi tersebut karena informasi telah menyebar dimana-mana. Maka dengan itu, sebelum berbagi informasi yang telah didapatkan sebelumnya, baiknya pertimbangkan sebelum membagikan jangan sampai pembaca menerima informasi yang gamblang dan tidak pada fakta yang sebenarnya.

4. Tunjukan Bakat
Buatlah konten sesuai minat dan bakat pada diri kamu bre, misalnya kamu suka di bidang fotografi, ya postinglah hasil foto kamu di media sosial ataupun bisa juga berbagi tips fotografi untuk para pembaca. Contoh lain kamu suka jalan-jalan, ya kamu bisa berbagi informasi mengenai jalan-jalan kamu seperti tempat yang kamu kunjungi, makanan yang kamu makan saat jalan-jalan. Intinya media sosial itu kan tempatnya untuk berbagi informasi, maka sampaikanlah informasi yang kamu bagikan dengan benar tanpa melebih-lebihkan dengan menebar manfaat.

5. Manfaatkan Media Sosial untuk Mendapatkan Penghasilan
Media sosial bukan hanya untuk memberi juga mendapatkan informasi, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan lho bre, caranya juga cukup mudah, kamu bisa ikutan kuis ataupun giveaway yang ada di media sosial ataupun hal lainnya kamu bisa juga jadi selebgram kalau di kamu aktif di Instagram, atau kamu bisa jadi Blogger sampai menjadi Vlogger. Gimana? Yakin ngga tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari media sosial? Maka dengan itu kamu bisa memulainya dengan menyampaikan informasi positif di setiap konten yang kamu bagikan, siapa tahu dengan begitu banyak orang yang menyukai konten yang kamu bagikan dan jengjeng kamupun bisa mendapatkan penghasilan dari semua itu.

Mengenai cara mendapatkan penghasilan melaui media sosial nanti aku lanjut di tulisan lain ya bre, yang pasti kamu bisa memulainya dengan menyampaikan informasi positif terlebih dahulu, penghasilan mah nanti akan datang dengan sendirinya, ehh iya ga sih? Hmm.

Itulah tips yang bisa aku gibahin kali ini. Gibahan ini terinspirasi dari konten yang sering aku lihat di media sosialnya @wempydyoctakoto dengan berbagai tips menariknya membuat saya betah mengikuti akun media sosialnya dan berharap bisa bertemu langsung dengannya untuk mendapatkan informasi yang terus menginspirasi. 

Bukan aku ikut-ikutan uda wempy untuk memberikan tips pula kepada netizen tapi justru dengan gibahan yang berfaedah ini bisa membuat kamu bersosmed secara Bijak, hqq dan juga berfaedah.

Ehh iya, Wempy Dyocta Koto mengajak bijak bersosmed kepada kita dan masyarakat lho bre. Kampanye ini juga bekerjasama dengan kemenkominfo dengan tujuan untuk meminimalisir informasi hoax yang ada di dunia maya khususnya media sosial. 

Mari lawan informasi hoax yang ada di dunia maya khususnya di media sosial dengan menyebarkan informasi positif yang sebenarnya tanpa melebih-lebihkan dan memberi manfaat pada banyak orang yang melihat konten kita.

Salam #BijakBersosmed

Share:

2 comments:

  1. wah bener tuh mas... dalam bersosial media, kita harus bisa ne.bagi sesuatu yang sesuai fakta, bukan hoax semata, karena merugikan semua pihak, dan aku setuju juga kalau dengan bersosial media kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan, iya kan... hehehehehe #jejakbiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, yuk bijak bersosial media dan manfaatkan dengan cara yang baik

      Delete