Bercerita untuk Semangat yang Berbeda

Apr 1, 2018

Teknologi Semakin Maju, Membuat Chatbot di BJtech Ngga Perlu Ngoding

with 0 Comment
Teknologi yang semakin maju membuat semuanya kudu dimudahkan, begitupun dengan komunikasi antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi online juga harus dipermudah. Nah, sekarang ada yang namanya Chatbot, untuk orang yang melek tekno pasti tau apa itu chatbot, yaitu layanan chat dengan mengandalkan teknologi Artificial Intelligence sebagai automasi percakapan yang diprediksikan akan booming di era teknologi ini. 

Penggunaan chatbot sangat penting bagi pelaku bisnis sebagai digital costumer care ataupun perorangan sebagai asisten pribadi untuk menjawab pertanyaan dari setiap kostumer atau netizen yang mau kepoin kamu hehe, atau bisa disebut juga sebagai entertainment chatbot.

Tidak sembarang orang bisa dalam pembuatan chatbot, karena dalam pembutannya memerlukan keahlian pemprograman atau coding dan hanya merekalah yang bisa membuatnya yaitu programmer. Ngga hanya itu, dalam pembuatannya sang programmer juga memerlukan waktu untuk menyusun setiap logika juga desainnya menggunakan coding itu sendiri, tapi itu dulu karena sekarang kamu bisa membuat chatbot semudah memesan dan menyajikan sop buah, selain tidak perlu keahlian programming, juga dalam membuatnya tidak membutuhkan waktu lama setelah ada Platform yang diluncurkan pada pertengahan maret lalu.

Saya berkesempatan hadir dalam peluncuran platform BJtech di Freeware Space  - Jakarta Selatan. Dengan mengambil tema "Tanpa Coding, Kini Siapapun Bisa Buat Chatbot!", hadir CEO PT Jualan Online Indonesia Diatce G Harahap, Ketua HIPMI Afifudin Kalla, Senior Business Developement Manager Line@ Christa Sabathali juga Media dan Blogger.

Diatce G Harahap menerangkan bahwa "Dengan tagline Bot for Everyone, Kini semua orang bisa membuat chatbot dengan mudah oleh semua orang, baik perusahaan, pelaku UKM, kalangan artis hingga karyawan. Karena dengan adanya platform Bjtech setiap orang yang akan membuat chatbot tidak memerlukan kealhian tertentu khususnya programming. Dalam pembuatannya pun cukup cepat hanya meluangkan waktu 15 menit saja chatbot sudah jadi dan bisa digunakan sesuai kebutuhan."

Ia pun menjelaskan manfaat chatbot sebagai layanan digital consumer service dan penggunaannya sebagai informasi automasi percakapan antara pelanggan dan pihak pemilik chatbot. Layanan platform BJTech bekerja sama dengan LINE Indonesia, BNI dan Cisco 

Tak lupa team BJTech menjelaskan mengenai cara pembuatan chatbot kepada hadirin dalam peluncurannya dengan dibantu team dari BJTech. Dalam pembuatannya relatif mudah, pertama tentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot, kemudian akses web BJTech selanjutnya daftar atau login lalu isi setiap form percakapannya. Setelah pembuatan chatbot di Web selesai, tinggal hubungkan saja chatbot yang telah dibuat agar diimplementasikan ke salah satu aplikasi pesan yang ada, seperti LINE.

Di dalam aplikasi pesan LINE@ sebenarnya sudah banyak dalam menggunakan Chatbot. LINE@ sendiri ditunjukan untuk perusaan atau pengusaha untuk mengirimkan info mengenai perusaahn seperti promosi produk yang akan ditujukan kepada pelanggan.

Christa Sabathaly juga mengungkapkan bahwa penggunaan LINE@ di Indonesia cukup banyak, hingga 2,3 juta akun dari pelaku UKM menggunakan LINE@ dan sebagian besar akun yang ada sudah memanfaatkan chatbot untuk transaksi antara pembeli dan pelaku usaha. Dengan ini chatbot menjadi komponen yang cukup penting sebagai digital costumer service untuk pelayanan pelanggan.

Begitupun yang dijelaskan oleh Afifudin Kalla sebagai Ketua HIPMI, bahwa "Penggunaan Chatbot sangat berguna bagi pelaku UKM, selain memudahkan dalam pelayanan dan transaksi pelanggan, juga dapan mengurangi pengeluaran lebih. Meskipun para UKM belum melek dengan teknologi yang seperti ini, tapi dengan adanya BJTech mudah-mudahan bisa membantu dan memudahkan pelaku UKM untuk dapat mengoptimalkan bisnis mereka melalui chatbot."

Nah, mumpung masih gratis untuk pembuatan chatbot di platform BJtech dan entah sampai kapan masa gratisnya, buruan bikin chatbot dari sekarang, bisa difungsikan sebagai asisten pribadi atau sebagai costumer service cocok nih untuk yang jualan online biar memudahkan dalam komunikasi konsumen.

0 komentar:

Post a Comment

#Follower