May 2, 2020

Tetap Silaturahmi dan Mencari Arti meskipun Ramadan di Tengah Pandemi

Sebagai umat muslim, Ramadan menjadi sebuah momen yang sangat dinantikan, juga sebagai kesempatan kita untuk silaturahmi setiap hari sampai mencari keberkahan sana-sini. Namun, kali ini berbeda, serupa video "Ramai Sepi Bersama" kolaborasi IM3 Ooredoo dengan empat musisi yang menggambarkan dengan tepat kegelisahan kita semua.

Silaturahmi saat Ramadan di tengah pandemi Covid-19

Sebelum kita gibahin mengenai video Ramai Sepi Bersama, aku mau gibahin dulu maksud bedanya Ramadan tahun ini sama tahun-tahun sebelumnya.

Nah, biasanya awal Ramadan udah siap tandain kalender untuk jadwal buka bersama sekaligus bertemu teman lama mulai teman masa sekolah sampai teman kerja.

Berbagi takjil ke jalanan sampai berkumpul dengan orang-orang yang membutuhkan. Tempat ibadah pun ramai untuk terawihan dan kita pun erat bersalam-salaman.

Namun, ada yang berbeda dari Ramadan kali ini, tidak ada lagi salam-salaman, tidak ada momen berkumpul dengan teman-teman juga yang kita nantikan, tidak ada shalat berjamaah, terawihan begitipun tidak ada momen pulang ke kampung halaman.

Hal ini dikarenakan kondisi pandemi Covid-19, kita harus menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebarannya. Memang kita ga perlu panik akan kondisi saat ini, tapi kan setiap harinya korban dari pandemi ini ada terus, makanya kita semua kudu manut dulu sama pemerintah dan sama-sama saling menjaga.

Meskipun begitu, nyatanya silaturahmi tetap bisa kita lakukan, malah tidak ada batas sama sekali, kita bisa silaturahmi kapan pun dan dimana pun, apalagi kita semua punya gawai sendiri, silaturahmi tentunya bisa terjadi.

Silaturahmi, Kreasi, Kolaborasi


Bukan saja silaturahmi yang bisa kita lakukan, berkreasi sampai kolaborasi bersama kerabat pun bisa juga.

Begitupun yang dilakukan oleh IM3 Ooredoo yang melakukan kolaborasi bersama musisi Indonesia, dengan karyanya membuatku lebih semangat lagi untuk terus berkreasi juga bersilaturahmi meskipun kondisi sekarang masih pandemi.

Bukan Mustahil bagi kita untuk bisa berkreasi meskipun sekaranh apapun yang dilakukan, yaa harus dilakukan di rumah aja, justru dengan kita di rumah harusnya banyak yang bisa kita lakukan, bisa belajar hal baru lalu menekuninya.

Kemudian mengenai kolaborasi bersama kerabatpun tetap bisa kita lakukan, apalagi gawai sudah ada di genggaman, komunikasi bersama teman-teman pastinya bisa kita lakukan, karena kunci utama kolaborasi adalah komunikasi. Selagi komunikasi masih terjalin, tak harus menunggu pandemi ini berakhir, kolaborasi di rumah masing-masing tetap bisa dilakukan kapanpun.

Seperti yang aku bilang di atas, bahwa IM3 Ooredoo melakukan kolaborasi pertamanya di awal Ramadan ini, kolaborasinya kini bersama keempat musisi Indonesia yakni Baskara, Sal Priadi, Kunto Aji dan Yunita bisa berkolaborasi menciptakan lagu "Ramai Sepi Bersama" sebagai kreasi yang dilakukan di rumah masing-masing dan hasilnya pun sangat keren hingga membuatku tertegun menikmati alunan musik dan liriknya.


Awalnya kupikir ada crew ke setiap rumah mereka untuk setting alat dan perekaman video debutnya, tapi ternyata semua itu dilakukan secara virtual, keren banget sih ini.

Mereka saja bisa, kita pun semestinya bisa juga dong untuk tetap silaturahmi juga bisa kolaborasi untuk menciptakan sebuah kreasi meski kondisi kini masih pandemi.

Apalagi, sekarang teknologi udah semakin keren, layanan komunikasi juga semakin membaik, pun jaringan IM3 Ooredoo dengan Freedom Kuota Harian bisa mengcover semua kebutuhan kita untuk silatirahmi setiap hari meskipun kondisi masih pandemi yang mengharuskan kita saling jaga dengan jaga jarak.

Dengan Freedom Kuota Harian, kuota 1GB sehari bisa kita manfaatkan untuk #SilaturahmiSetiapHari dengan video call bersama teman-teman saat berbuka puasa, bercerita puasa sendiri di kosan bersama keluarga sampai melakukan kolaborasi bersama kerabat setia.



Ehh iya, kalau kita menikmati Freedom Kuota Harian, kita juga udah otomatis berdonasi 2000 untuk membantu menanggulangi terdampak Covid-19.

Jadi manfaatkan Freedom Kuota Harian untuk kita  bisa silaturahmi setiap hari dan saling berbagi.
Share:

0 komentar:

Post a Comment