Apr 19, 2020

5 Cara Jalani Hidup Apa Adanya Tanpa Kepura-puraan

Tidak sedikit orang berfikir bahwa dirinya merupakan manusia yang kurang beruntung padahal sejatinya manusia bisa jalani hidup apa adanya pun tanpa syarat dan ketentuan lho, namun nyatanya masih banyak dari kita tidak menikmati sama sekali akan hidupnya untuk bahagia saja kebanyakan dari kita merasa harus melakukan berbagai hal dengan banyak alasan.

Cara jalani hidup bahagia apa adanya

Seperti berpura-pura jadi orang lain, mengubah bentuk tubuh, warna kulit dan masih banyak lagi, apalagi di media sosial, masih banyak orang berlomba-lomba untuk sekedar mendapatkan banyak like ataupun followers.

Namun sebenarnya menikmati hidup apa adanya juga bisa bahagia, tanpa syarat dan ketentuan, begitupun di media sosial.

Jalani Hidup Apa Adanya untuk Hidup Bahagia

Dan awalnya akupun begitu, merasa iri dengan berbagai hal, namun setelah melihat hal kecil yang cukup membuat saya tergugah akhirnya aku menemukan cara yang bisa membuatku stand out di dunia nyata sampai media sosial.

Berikut cara yang aku lakukan dan mungkin kamu bisa melakukannya juga untuk membuatmu lebih bahagia dengan jalani hidup apa adanya:

1. Mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri tidak sama dengan egois yang mementingkan diri sendiri, melainkan kita dapat menerima diri kita sendiri seutuhnya, menerima setiap kelebihan dan kekurangan kita. Namun sebelum itu, sebaiknya kita tahu apa kelebihan serta kekurangan kita, setelah tahu keduanya tinggal kita fokuskan pada kelebihan kita, kemudian menerima setiap kekurangan seperti kulit kita jerawat, tubuh gendut dan lainnya atau kalau kita masih tidak bisa menerimanya, tinggal perbaiki kekurangan kita dengan melakukan hal-hal baik untuk diri kita sendiri, tapi tidak perlu memaksakan.

2. Berteman dengan orang yang positif

Salah satu cara menjalin hubungan dengan diri sendiri untuk mendapatkan bahagia haqiqi yakni kelilingi diri sendiri dengan orang-orang yang menyayangi kita.

Berkumpul dengan orang-orang yang selalu berfikir positif, penyayang dan penuh cinta, bisa menjadi sebuah keuntungan besar. Kita bisa terbawa suasana dan kebiasaan yang positif. Hal ini bisa membuat kita jadi lebih baik.

Dan hal ini juga aku alami beberapa tahun terakhir ini sampai sekarang pun aku memilih dan berteman dengan yang memiliki pikiran positif lebih baik daripada diriku sendiri, sehingga saat pikiranku mumet, aku coba memikirkan hal-hal baik dari beliau ataupun mengabarinya meskipun sekadar menanyakan kabar.

3. Hindari Toxic

Penting banget untuk menghindari toxic kalau kita mau bahagia di dunia nyata ataupun di dunia maya misalnya media sosial. Dengan menghindari orang-orang yang suka gibah menjelekkan orang lain ataupun menjatuhkan diri kita. Lalu kalau di dunia maya dalam menghindari toxic yakni mengakses konten yang layak serta menyaring setiap berita yang terlihat sebelum dibagikan. Juga batasi membaca berita-berita negatif yang bisa membuat berpikiran negatif terus menerus. Kemudian saat mengakses media sosial seperti twitter, facebook, instagram sesedikit mungkin, perbanyak berinteraksi dengan orang-orang positif. Lalu, temukan betapa berharganya diri kita di dunia ini.

4. Berkomitmen pada diri sendiri dan mengetahui apa yang harus dilakukan diri sendiri

Seperti mengetahui bahwa kita membutuhkan cukup tidur 7-8 jam sehari, makanan sehat, olahraga, meluangkan waktu mengistirahatkan diri untuk mengelola pikiran kita juga meluangkan waktu dalam beribadah.

Memprioritaskan aktifitas yang dapat membuat kita senang dan bahagia, dengan melakukan hal-hal kecil seperti menonton di waktu senggang, makan makanan yang disukai dan hal kecil lainnya.

5. Jalani hidup tanpa kepura-puraan

Dan ini yang cukup penting, karena saat kamu berpura-pura bahagia justru akan membuat kamu hidup jauh dari bahagia.
Hal ini pun sebenarnya pernah aku alami pula, namun seketika melihat hal yang dilakukan IM3 Ooredoo di akun instagramnya mengenai melakukan hal tanpa kepura-puraan juga #TanpaSyaratKetentuan yang terngiang-ngiang hingga akhirnya aku bisa mengekspresikan diriku sesuai apa yang aku inginkan.


Itulah 5 cara yang aku lakukan untuk jalani hidup apa adanya.

Kutemukan Apa Yang Aku Inginkan

Dibalik itu, aku juga menemukan apa yang aku inginkan saat menjalani hidupku dalam perkontenan di dunia maya, yakni kebebasan menikmati Freedom Internet tanpa syarat ketentuan, jadi aku bisa melakukan apapun untuk mengisi pikiran positifku juga beraktifitas sosial di media sosial.

Kamu juga bisa menikmati apa yang aku nikmati kini, hampir 12 tahun hidupku didukung dengan jaringan yang tepat, hingga beberapa tahun terakhir ini Internet makin meluas dan IM3 Ooredoo pun menyediakan jaringan serta dukungan yang tepat hingg aku memilih Freedom Internet yang #TanpaSyaratKetentuan kuota yang tidak dibatasi waktunya, jadi kapanpun dimanapun tetap bisa kita nikmati dengan senang hati.

Bercengkrama dengan teman berlama-lama, melakukan perkontenan ria bersama hingga bekerjasama tanpa kepura-puraan jadi sebuah kunci jalani hidup apa adanya, dan cara-cara di atas juga melengkapinya.

Share:

15 comments:

  1. Aku menemukanmu juga dalam kejujuran tanpa tedeng aling-aling. Yakan, kalo hidup dibuat-buat cape sendiri ya. Ngos-ngosan gitu. Ujung-ujungnya bohong lagi bohong lagi. Udah paling bener hidup apa adanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, sekarang mah klo kita bisa ya lakukan, kalo engga ya jangan maksain sampe harus bohongin orang yak

      Delete
  2. 5 tips yang berguna nih hahah. capek juga sih kalo harus jadi orang lain mending jadi diri sendiri dan apa adanya heheh

    ReplyDelete
  3. Menurutku mencintai diri sendiri ini yang bikin kita bisa hidup jujur dan jadi apa adanya diri sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, apalagi saat kita sudah cinta sama apa yang kita lakukan ya kan

      Delete
  4. Menghindari toxic termasuk pertemanan ya, huhuhh pilah-pilih teman bukan berarti sombong🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa, berteman sama yg tocix ga papa, tp jgn deket banget 🙈

      Delete
  5. Ujunge Endorse imthree .. :D

    ReplyDelete
  6. Lima tips yang keren pisan. Hatur nuhun ya atas semua tips di atas ^_^

    ReplyDelete
  7. Kusukaaa jalani cara loe , asik asik banget tuh, terutama mencintai diri sendiri.
    Cuzz ahh fokus berkaryaa dan jalani hidup apa adanya!

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama poin 'menghindari toxic'. Sebenernya susah sih dilakukan di saat harus di rumah dan kerjanya main sosmed begini. :( Cuma tetap harus semangat cari yang positif!

    ReplyDelete
  9. Waaah, mencintai diri sendiri di point pertama seperti reminder buatku. Ya, menghindari toxic sih, biar tetap sehat dalam menjalani hidup apa adanya ~

    ReplyDelete