Mar 11, 2018

Muvon, Aplikasi yang Mengkonvergensi Media Digital Muhammadiyah

Teknologi yang semakin berkembang di zaman ini sudah membludak, pemanfaatan dunia digital pun menjadikan masyarakat  mendapatkan informasi secara mudah. Sebagai contoh Google, dimana kita bisa bertanya apapun kepada google dengan mudah mulai dari A sampai Z sepertinya google bisa menjawabnya dan kita tinggal pilih jawaban yang kita inginkan yang disediakan oleh mesin pencari terbesar di dunia itu, namun apa yang kita cari di mesin pencari seperti Google terkadang informasinya membingungkan apalagi dengan banyaknya informasi hoax yang menjadikan kita untuk memilih mana yang benar ataupun salah.

Prof. H. Dadang Kahmad, M.Si
"Teknologi semakin canggih di zaman ini, banyak masyarakat juga santri sudah melek akan teknologi sering menanyakan berbagai hal yang mereka tidak tahu pada mesin pencari Google dibandingkan bertanya langsung pada guru atau ustadz" kata Prof. H. Dadang Kahmad, M.Si dalam sambutannya pada Sosialisasi di Kantor Pusat Muhammadiyah

Dengan begitu, Muhammadiyah memanfaatkan kasus seperti itu dengan meluncurkan berbagai media digital mulai dari TVMU, RadioMU, PasarMU dan masih banyak lagi yang menjadikan umat muslim Indonesia dengan mudah mendapatkan informasi yang jauh dari berita miring hingga media-media yang disediakan oleh Muhammadiyah pun menjadikan ladang dakwah dalam menyebarkan informasi keislaman.

Ngga hanya sampai disitu saja, berbagai media digital Muhammadiyah yang ada kini dikumpulkan dalam satu aplikasi sebagai konvergensi untuk memudahkan dalam penggunaannya. Wadah tersebut dinamakan Muvon Ekosistem.

Muvon dalam singkatan Muhammadiyah Vision merupakan aplikasi yang bisa diakses di smartphone yang dapat didownload melalui Playstore ataupun Appstore. Aplikasi yang cukup ringan ini sebagai wadah untuk mengumpulkan berbagai aplikasi usaha Muhammadiyah.

Pada Kamis (07/03), aku dan beberapa teman blogger hadir dalam "Sosialisasi Konvergensi Media dan Integrasi Digital Muvon Ekosistem di Lingkungan Muhammadiyah" di Kantor Pusat Muhammadiyah – Jakarta Pusat. Dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah beserta perwakilan Majelis Muhammadiyah di berbagai wilayah di Indonesia. 

Acara sosialisasi dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran  oleh Ust Basyori, lantunan suara yang merdu menjadikan suasana ruangan menjadi hikmat. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan RI dan Mars Muhammadiyah yang diikuti oleh semua undangan.

Bapak Dadang juga menyatakan harapan dalam sambutannya, bahwa ia berharap dengan adanya aplikasi Muvon Ekosistem ini sebagai media dakwah dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dan dapat bermanfaat khususnya untuk masyarakat muslim di Indonesia.

Kemudian Bapak Eddy sebagai ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah menjelaskan mengaenai aplikasi Muvon. Aplikasi Muvon terwujud atas kerjasama antara Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia. Adanya aplikasi Muvon ini dibuat oleh anak bangsa sebagai wujud untuk mengumpulkan media digital yang tergabung dalam ikatan Muhammadiyah.

Didalam aplikasi Muvon terdapat banyak aplikasi lainnya yang terintegrasi seperti TvMU, RadioMU, SembakoMU, SekolahMu dan lainnya hingga ada 30 layanan yang bisa kamu akses melalui satu aplikasi, dan kami para blogger langsung ikut mencoba menggunakan layanan yang ada dalam aplikasi ini, yaitu MuvonPay dan SembakoMU.

MuvonPay merupakan aplikasi dompet digital yang tersambung pada aplikasi paypro. Jika kamu sudah mempunyai akun paypro, maka kamu otomatis sudah bisa mengakses MuvonPay tanpa perlu registrasi lagi. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada layanan SembakoMU dan LazisMu. Pada sosialisasi ini kami menggunakan MuvonPay dengan membeli sembako di stand SembakoMu. Cara pembayarannya tinggal scan barcode yang disediakan oleh sembakomu dan jeng-jeng transaksi selesai, semudah membalikan telapak tangan kan hehe.

Transaksi menggunakan MuvonPay di SembakoMU. doc. akangdudi.wordpress.com
Saat menggunakan MuvonPay kemarin, kami mendapatkan double bonus, pertama mendapatkan tambahan saldo Rp. 10.000 saat topup minimal Rp. 20.000, kedua cashback Rp. 15.000 dengan minimal belanja di SembakoMU dengan menggunakan MuvonPay, proses cashback 1x24 jam. Senangnyaaa dapet double.

Pembagian device Muvon pada perwakilan Majelis
Acara ini ditutup dengan pembagian device Muvon kepada perwakilan setiap Majelis yang hadir. Device Muvon sebagai device costume yang didalamnya sudah terdapat banyak aplikasi yang terinegrasi layanan Muhammadiyah dan dapat diakses langsung sehingga tidak perlu lagi menginstal satu demi satu aplikasinya.

Ehh iya, rencananya acara sosialisasi Muvon akan dilaksanakan pula di Yogyakarta lho, kamu warga Muhammadiyah kudu hadir nih dalam sosialisasi ini. Selain untuk mendapatkan informasi mengenai aplikasi Muvon, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang akan dihadirkan pula. Seperti kita ini yang dapat double keuntungan dengan mengakses aplikasi Muvon dan aplikasi lainnya yang terintegrasi layanan media Muhammadiyah.
Share:

2 comments:

  1. hampir salah baca move on, eh ternyata muvon.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mirip-mirip lah kalo dibaca haha

      Delete