Papoea by Nature Hadirkan Cita Rasa Papua di Jakarta

Papua, salah satu provinsi di Indonesia bagian timur dimana wilayah ini memiliki banyak hal yang menarik mulai dari budaya yang ethnik, masyarakat yang asik, keindahan alam yang epik, hingga makanan yang ciamik. 

Nah, kamu suka apanya dari wilayah yang satu ini? Kalau aku lebih suka dengan keindahan alamnya yang epik, salah satunya yaitu Raja Ampat. Ya, tempat ini menjadi bagian dari yang aku inginkan mungkin kamu juga kan. Jujur, aku belum pernah ke tempat ini, namun dilihat dari setiap foto yang sering muncul di media sosial, Raja Ampat memang menjadi salah satu tempat yang kudu dikunjungi, keindahan alam yang epik juga eksotis cukup menggiurkan setiap mata yang melihatnya. 

Namun, kali ini aku tidak akan membahas mengenai alamnya, toh belum juga ke sana iya kan nanti dibilang omonganku hoax karena hanya lihat dari visualisasi yang aku dapatkan di media sosial. Oke, yang akan aku bahas yaitu cita rasa dari setiap makanan yang biasa dimakan oleh masyarakat Papua. 

Kenapa makanan? Karena kamu kalau iya siap pergi ke Papua sana, pastinya kamu juga butuh makan dong, apa kabar jika persediaan makanan yang dibawa habis?. Supaya kamu ngga kaget dengan makanan yang nantinya harus kamu makan di Papua, kamu kudu pemanasan dulu dan mencicipi makanan Papua biar kamu terbiasa dengan setiap makanan yang nantinya harus kamu makan dalam perjalanan di Papua.

Sudut Ruangan-Papoea by Nature
Untuk kamu yang mempuanyai keinginan ke Papua atau ingin tahu cita rasa makanan di Papua atau kamu perantauan dari Papua, kamu bisa datang ke Papoea by Nature di Jalan Pakubuwono VI No 7, Jakarta Selatan. Tempat yang cukup asik untuk nongkrong satu ini menyajikan berbagai macam hal dengan konsep Papua, mulai dari ornamen yang mejeng di setiap sudut ruangan seperti patung, ukiran, lukisan, noken dan sebagainya juga menyajikan makanan Papua yang dikemas lebih kekinian, beberapa bahan dari makanannya pun dihadirkan langsung dari Papua karena tumbuhnya hanya di Papua seperti rempah-rempah juga kopi terbaik dari Wamena.

Lalu, kamu tahu ngga apa sih makanan khas dari Papua? Pasti beberapa orang menjawab Papeda, iya kan? Namun apa kamu tahu rasa dari Papeda sebenarnya? Tawar, asin, gurih, manis, atau hmmm

Oke akan aku show nih makanan apa yang disajikan oleh Papoea by Nature?

Makanan pokok dengan menu kekinian ala Papoea by Nature

Kalau rasa lapar yang mengganggu apalagi waktu makan telah tiba, yang dicari pastinya makanan berat supaya perut terisi, tenaga bertambah setelah itu bisa melakukan aktifitas kembali.

Papeda and Yellow Fish Soup
Ini dia makanan pokok yang biasa disajikan di Papua pesisir. Perlu kita tahu, bahwa Papeda dibuat dengan menggunakan Sagu. Papeda ini juga menjadi makanan pokok di papua pesisir. Papoea by Nature menyajikan Papeda dengan tambahan soup ikan dengan rasa khas sedikit asam namun gurih, ntap.

Fried Rice
Menu yang satu ini ngga asing memang, karena nasi goreng ada dimana-mana, namun nasi goreng yang dihadirkan di Papoea by Nature memiliki khas tersendiri, selain rempah yang kuat, juga tambahan topping telur, krupuk ubi ungu dan acar
Fried Rice

Beef Chimichuri
Nah, yang suka makan beef, menu yang satu ini cocok untuk kamu, selain bisa menambah energi, dengan saus chimichuri yang khas bisa jadi menu yang pas disantap.
Beef Chimichuri


Fish in Banana Leaf
Bisa juga disebut ikan kakap pepes, rasanya ngga jauh beda dengan ikan kakap pepes yang biasa kita makan, namun sedikit bedanya ada tambahan rempah papua. Kakap Pepes ini disajikan dengan nasi merah dan tambahan sambal hijau.
Fish in Banana Leaf
Jungle Roast Chicken
Ayam Ungkep rempah pilihan, disajikan dengan sayur juga ubi talas dan saus.
Jungle Roast Chicken
Fried Sagoo with Red Curry Soup
Fried Sagoo atau bahasa kerennya Cireng (aci digoreng) dipadukan dengan Soup Curry yang kental dengan rempah yang pas cocok disetiap lidah penikmatnya, begitupun aku sangat suka dengan menu yang satu ini, entah kenapa, mungkin karena sudah cukup terbiasa dengan kari atau mungkin dengan cirengnya karena mirip jajanan SD hehe
Fried Sagoo with Red Curry Soup

Makanan ringan ala Papoea by Nature

ka-ki: Durian Egg Tart, Buah Merah Sagoo Canapes with Seasoned Chicken, Doughnut Buah Merah
Durian Egg Tart
Egg Tart dengan tambahan durian menjadi kue rumahan di Papua, untuk acara adat biasanya disajikan dalam bentuk yang lebih besar. Kenapa harus buah Durian? Karena di Papua tumbuh banyak pohon durian menjadikan buah ini berpadu dalam Egg Tart.

Buah Merah Sagoo Canapes with Seasoned Chicken
Semacam kue lapis, namun dengan komposisi yang berbeda karena rasanya yang gurih menjadikan kue yang terbuat dari campuran buah merah dan sagu dengan tambahan ayam memiliki rasa yang khas.

Doughnut Buah Merah
Donat yang cukup familiar namun dengan tambahan selai buah merah menjadikan rasa yang khas dan patut kamu coba. ehh iya, buah merah ini memiliki kandungan yang baik bagi tubuh karena di Papua, Buah Merah dijadikan obat untuk penyakit kanker.

Rainforest Rolls, Caramelised Coconut Lime Sagoo, Purple Yam Croquetes Potatoes and Sayur Lilin
Rainforest Roll
Semacam salar yang dibuat roll, isinya sayuran khas Papua

Caramelised Coconut Lime Sagoo
Kue sagu dengan tambahan caramel, makanan yang satu ini cocok untuk kamu yang suka manis, kalau aku sudah manis pas makan kue ini aku jadi semakin manis ehh

Purple Yam Croquetes Potatoes and Sayur Lilin
Kue ubi ungu dengan campuran kentang dan tambahan sayur lilin.

Menu Makanan dan Minuman di Papoea by Nature

Selain makanan pokok dan makanan ringan, Papoea by Nature juga menghadirkan minuman khas Papua yaitu kopi wamena. kopi yang dihadirkan pun langsung dari para petani kopi di Wamena - Papua.


Gimana? cukup menggiurkan bukan? nah, untuk kamu yang juga ingin mencicipi makanan dengan cita rasa Papua, kamu ngga perlu jauh-jauh ke Papua dengan ongkos yang cukup mahal, karena kamu bisa datang ke Papoea by Nature di Jalan Pakubuwono VI No. 7 - Jakarta Selatan atau di Papoea Kemang - Jakarta Selatan


6 comments:

  1. Selama ini aku penasaraaaaaan banget ama rasa papeda... Ini resto wajiib banget aku datangin :p. Jadi ga usah jauh2 ke papua? Btw ga nyediain ulat sagu ya mas.. Pdhl aku jg pengen nyobain itu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. brp harga seporsi peoeda plus sup ikan?

      Delete
  2. Cukup menggiurkan nih, kalo saya ke Papua eh Jakarta Selatan, semoga bisa mencicipi resto menarik satu ini

    ReplyDelete
  3. wah, ada yg baru nih! tempatnya asyik bener mas.
    makanannya bervariasi, penasaran mau coba makan papedanya >.<
    harga juga cukup kompetitif untuk sebuah tempat makan di Jakarta ya.
    terima kasih sudah sharing :)

    ReplyDelete
  4. Aku tergiur sekali euy, Kang. Tapi itu menunya teu katingali hargana, kudu dizoom.
    Mau ah ngajak Ceu Mude ke sini. Kali aja nanti kami ke Papua-nya.

    ReplyDelete
  5. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.