Bergibah Secara Berfaedah

Aug 9, 2018

Belajar Fotografi Menggunakan Smartphone Langsung dari Ahlinya

with 8 comments

Sebelumnya, untuk menangkap momen dengan hasil yang bagus atau untuk kegiatan fotografi biasanya harus menggunakan DSLR, namun kini sudah banyak gadget yang bisa menangkap momen seperti halnya fotografi, misalnya Mirorless, Drone juga Smartphone.

Dengan perkembangan zaman dan teknologi kini, kamera yang disematkan dalam smartphone sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk menangkap momen dan mengabadikannya. Apalagi dengan teknik fotografi, kita bisa memaksimalkan fungsi dan fitur dari smartphone kini.

Nah, minggu lalu aku ikut hadir dalam workshop yang diselenggarakan oleh Indosat dan Samsung dalam acara Camera Mastering Class Galaxy S9|S9+ di Kantor Pusat PT Indosat - Jakarta Pusat.

Event ini cukup menarik, karena selain menghadirkan fotografer profesional, kita juga langsung melakukan experience yang telah diajarkan oleh fotografer dengan menggunakan Samsung S9|S9+ lengkap dengan model profesional dan objek makanan yang sudah ditata pas untuk bisa langsung difoto.

Suasana Camera Mastering Class di Kantor Pusat Indosat Ooredoo.
sumber: masdede.com

Para peserta workshop yang hadir dari kalangan komunitas ifotografi, media juga masyarakat umum. Antusias dalam workshop fotografi kini tidak bisa ditahan, sebelum acara dimulai saja para peserta terus mengambil gambar makanan yang sudah disediakan menggunakan gadget mereka. Cekrek sana, cekrek sini dan upload.

Mastering Class pun dimulai, sebelum membahas mengenai fotografi, pihak Samsung mengenalkan keunggulan Samsung S9|S9+ kepada para peserta. Ada beberapa fitur unggulan Samsung S9|S9+ yang belum bisa didapatkan dari smartphone lain. Karena momennya untuk belajar fotografi, nah Samsung juga mengenalkan fitur unggulan yang pas untuk kebutuhan foto.

Dalam kamera Samsung S9|S9+ terdafat "mode food" yang cocok untuk menangkap gambar makanan, "Slow Motion" untuk menangkap momen menjadi lambat dan dramatis, "Blur" untuk menangkap objek utama fokus dan belakangnya blur, juga mode "Pro" untuk menangkap objek gambar yang sama seperti kamera DSLR karena dalam mode Pro ada berbagai pengaturan seperti ISO, Shutter Speed, WB dan sebagainya. Selain keunggulan fitur kameranya, Samsung S9|S9+ mempunyai fitur AR Emoji. AR Emoji dalam smartphone ini berfungsi untuk membuat emoji dengan karakter kita sendiri dan AR Emoji mampu membuat model 3D hingga 18 emoji dan bisa digunakan untuk chat keseharian kita.

pencahayaan tambahan
Selanjutnya fotografer dari komunitas ifotografi memberikan tips mengenai fotografi menggunakan smartphone. Kenapa harus smartphone? Karena selain simpel dan ringan, menggunakan smartphone tidak seribet menggunakan DSLR dan untuk pemula, penggunaan smartphone bisa jadi langkah awal untuk belajar fotografi.

Tips Fotografi dengan Smartphone

Pencahayaan
Cahaya menjadikan hal yang cukup penting dalam fotografi, cahaya yang pas yaitu menggunakan cahaya alami. Untuk mendapatkan foto dengan cahaya yang pas, pastikan mengambil momennya saat pagi sebelum jam 10 atau sore hari. Jika pengambilan foto dimalam hari, gunakan cahaya tambahan supaya hasil yang didapatkan cukup baik.

Hindari penggunaan Flash dan Zoom
Flash berdampak negatif pada warna gambar yang diambil, yang membuat hasil gambar menjadi terlalu terang atau latar akan hilang. Untuk menanggulanginya, carilah cahaya alami sebisa mungkin atau gunakan pencahayaan buatan. Kemudian untuk penggunaan zoom sebisa mungkin juga harus dihindari, karena dengan penggunaan zoom bisa menjadikan gambar terdapai noise. Namun untuk mendapatkan gambar yang jelas dan pas, cobalah ambil gambar secara langsung dan crop atau bisa juga dekati objek yang akan diambil. 

Perhatikan Rule of Third
Rule of Third merupakan garis-garis putih berkotak yang fungsinya untuk mengatur dan menempatkan objek yang akan diambil. Untuk mendapatkan foto menarik, jangan tempatkan objek berada ditengah, selain hasilnya akan menjadi "Biasa" juga menjadikan objek kurang menarik. Nah, yang tepat biasakan tempatkan objek ada di sisi kanan atau kiri dengan memperhatikan Rule of Third untuk fokus pada objek utama.
Persiapan praktek light painting dengan cahaya minim - Samsung S9|S9+
sumber: masdede.com
Setelah mengenal tips mengenai fotografi, kami semua diajak langsung untuk pengambilan foto menggunakan smartphone Samsung S9|S9+ dengan pencahayaan yang minim dan penggunaan tripod untuk mendapatkan hasil yang pas.
Aku pun ikut mencobanya. Dalam pengambilannya kami menggunakan mode Pro dengan pengaturan ISO 64, Shutter 8, dan timer 2 detik.
Hasilnya jengjengjoss


Kemudian setelah menggunakan model, aku coba menggunakan mode food dalam pengambilan objek makanan.


Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan fitur unggulan dari Samsung S9|S9+ kamu bisa mendapatkannya dengan bundling di Gerai Indosat, gass mumpung ada promo gaes. untuk bundlingnya kamu bisa ke gerai Indosat atau cek di Instagramnya @IM3Ooredoo

Akhir kata, aku sangat berterimakasih pada Indosat Ooredoo telah mengajakku ikut kelas yang sangat bermanfaat ini, jadi bisa tahu yang kudunya dilakukan saat mengambil momen dan hasilnya sangat sayang untuk dihapus hehe.

8 comments:

  1. kerennnn hasil fotonyaaa😂 inti dari sebuah foto itu memakai kamera apa saja sangat bagus.smartphone sekarang sangat simple sekali.

    ReplyDelete
  2. Bener banget, asal perhatikan objek utama dan jangan lupa Rule if Thid.

    ReplyDelete
  3. Ada tips dan cara untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, semakin keren pakai Samsung Galaxy S9 dengan berbagai mode. Cukup dengan smartphone sudah bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, tanpa repot membawa kamera DSLR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, yang penting kita bisa memaksimalkan segala fitur dan fungsinya.

      Delete
  4. Wah makasih infonya ka. Saya kadang kalo foto utk menambah cahaya malah pake flash. Ternyata itu malah harus dihindari ya.

    ReplyDelete
  5. Huuh, krn flash akan mengganggu foto yg dihasilkan, seperti mata menjadi menyala atau latar yang hilang.

    ReplyDelete
  6. Enak nih beli S9 lewat paketnya Indosat.. kerasalebih murah ya

    ReplyDelete
  7. keren pisan mas, teknik foto jadi makin mantep ya!
    kantor Indosat cozy sekali ya. saya jadi inget, dulu sempet main ke kantor Indosat *salahfokus

    ReplyDelete

#Follower