Lebih Intim Mengenal Danone Indonesia dan Komitmennya Terhadap Perkembangan Skill Karyawan

Siapa sih yang ngga kenal Danone? Pasti masyarakat Indonesia kenal dong. Lalu kalau ditanya mengenai Danone, kira-kira kamu akan jawab apa? Aqua kan? atau beberapa ada yang bilang David Beckham hehe.

Kenapa David Beckham? Karena ia telah menjadi pioner dan mengajak anak Indonesia untuk bergabung dalam Nation Cup yang jadi program Danone. Bukan hanya itu, para pemain Nation Cup Indonesia juga siap bersaing di negara lain.

Oke, itu untuk si David, yang entah kenapa sampe sekarang aku belum pernah berjabat tangan ataupun sekedar ngopi bareng sekalian ngegibah dengannya. Eitt lupakan tentang ini.

Kembali ke jawaban utama yaitu Aqua.
Kita perlu tahu bahwa Aqua diproduksi oleh PT. Tirta Investama. PT Tirta Investama bergerak dalam produksi air minum dalam kemasan yang sudah berpuluh tahun hadir di Indonesia dan sepertinya sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Ehh iya, bukan 10 ataupun 20 tahun, tapi sudah 54 tahun hadir di Indonesia lho. 
Bukan hanya dicintai saja, tapi Aqua sudah melekat pada hati dan pikiran masyarakat Indonesia, karena setiap orang yang akan membeli air minum dalam kemasan di warung pinggiran pasti sering bertanya kepada penjualnya untuk mendapatkan Aqua dan setiap warung sudah pasti ada Aqua. Ngga hanya di warung saja tapi juga pedagang asongan yang biasanya ada di Bis selalu menawarkan produk yang satu ini. Benar kan? Apalagi setelah ada Mizone, pasti si akang akan menawarkan dengan suara yang cukup lantang dan senang hati. Bunyinya seperti ini, aqua - mizone - aqua - mizone - aqua mizone. Produk PT Tirta Investama ngga hanya Aqua dan Mizone, tapi juga ada VIT, Levita dan Evian.

Produk di bawah naungan Danone Indonesia
Lagi-lagi kita juga perlu tahu dan mungkin kalian juga sudah tahu kalau perusahaan dibawah Naungan Danone Indonesia tidak hanya PT. Tirta Investama, tapi juga ada Nutricia Sarihusada. Nutricia Sarihusada sudah 64 tahun hadir di Indonesia dengan produknya yang juga sudah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, seperti SGM dan Nutrilion yaitu susu formula bayi pengganti ASI.

Namun, perlu kita tahu, ternyata ngga hanya masyarakat Indonesia saja yang mencintai produk Danone lho, para karyawan Danone pun justru mencintai Danone Indonesia. Ngga hanya seperti itu, Danone Indonesia pun sangat mencintai karyawan dan konsumen Indonesia juga. Pantas saja produknya membumi dan dicintai, itu toh rahasianya, adanya hati yang saling mencintai antara masyarakat, perusahaan dan karyawan. So sweet.

Nah, untuk mengenal lebih dalam mengenai Danone Indonesia, pada 7 Mei 2018 aku hadir dalam diskusi yang diadakan oleh Danone Indonesia di Danone Indonesia Academy - Jakarta Selatan dalam acara yang bertajuk "Discovering Talent Management at Danone". 

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada setiap orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. Di Indonesia, bisnis  Danone terdiri atas tiga kategori utama yaitu Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk Awal Kehidupan dan Nutrisi Medis. Di Indonesia, Danone memiliki 22 pabrik dan 2 mini plant dengan jumlah karyawan mencapai 15.000 orang. 

Seperti yang dikatakan oleh Arif Mujahidin - Corporate Communication Director Danone Indonesia, "Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan dan minuman, kami ingin misi kami dapat memberikan dampak positif kepada setiap kalangan masyarakat dari segala usia, lingkungan dan budaya, termasuk karyawan kami. Kami percaya talent management adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi karyawan kami yang berasal dari tiga unit bisnis kategori agar mereka dapat berkontribusi membawa misi kami ke lingkungan sekitar mereka."

Ia pun menjelaskan mengenai komitmen perusahaan terhadap berkembangnya skill dan dan masa depan karyawan dalam bentuk talent managemen bagi karyawannya:

  1. Jaguar Program: Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat  manajer  untuk terlibat dalam proyek antar negara
  2. Endeavor Program: ialah program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
  3. International Assignment: Secara regular kami mengirimkan karyawan kami ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional.  Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas
  4. Talent assessment and development: Untuk memastikan bahwa talent yang kita miliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, kami melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster).
  5. Management Trainee: ialah program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam  proyek-proyek menantang.  Setiap tahunnya, kami merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik  dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda. Pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu kami menerima lebih dari 40.000 pendaftar untuk program ini.


Selain komitmennya untuk perkembangan skill karyawannya, Danone Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong karyawan perempuan agar bisa berkarir cemerlang namun tetap memperhatikan kesejahteraan keluarganya yang dibuktikan dengan adanya program Parental Policy dengan memberikan cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan wanita dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki dari istri yang sedang melahirkan.

“Danone menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa kemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung  upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan,” ujar Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia.

Dalam acara ini, hadir pula Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA) , ia mengatakan bahwa “Keberagaman merupakan bagian dari budaya Perusahaan karena kami percaya bahwalatar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah  Presiden Direktur perempuan yang  sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya.”

kiri - Gustavo Hildenbrand, kanan - Corine Tap
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Gustavo Hildenbrand – General Manager Nutricia Sarihusada, ia mengatakan mengenai dukungan dan bimbingan karryawannya. “Saya melihat dengan dukungan dan bimbingan, karyawan kami dapat bertanggung jawab untuk membentuk karier mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu, saya juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.”

Setelah selesai sambutannya, kemudian kami diajak office tour untuk melihat setiap pojok yang menjadikan karyawan betah dan merasa nyaman kerja di Danone Indonesia. 


Yang menjadikan perhatian di kantor Danone Indonesia adalah tempat dan lingkungan kerja yang asik, apalagi dengan adanya Lobi yang nyaman, Lactating Room yang diperuntukan untuk Ibu yang menyusui juga Dan Lounge sebagai tempat yang super asik selain diperuntukan untuk nongkrongnya karyawan, berleha-leha dengan musik dan games, juga bisa dipergunakan sebagai tempat bekerja.

Lowongan pekerjaan di Danone Indonesia

Lalu, gimana caranya untuk bisa bekerja di Danone Indonesia? Nah, untuk yang satu ini kamu bisa cek di Instagramnya Danone Indonesia atau langsung akses webnya. Jangan sampai kamu tergiur dengan informasi dengan gaji yang waw yang bukan di web resminya karena hoax sudah merajalela, jadi aku sarankan kamu tetap update informasinya dengan cek insagramnya di @DanCommunitiId atau webnya DanoneIndonesia.com.

Perlu kalian tahu juga, kalau Danone Indonesia saat ini sedang memerlukan kandidat yang keren untuk siap bekerja dan ada juga Lowongan Management Traine yang setiap tahunnya selalu diadakan oleh Danone Indonesia, tapi ingat, sebelum melamar, siapkan dulu tekad dan skill nya supaya kamu bisa menjadi bagian dari Danone Indonesia yang hqq. 

Dok. Istimewa

#DanoneGreatPlaceToGrow #InclusiveDiversity

No comments:

Powered by Blogger.