Bercerita untuk Semangat yang Berbeda

Feb 14, 2018

Perkembangan Startup di Indonesia yang Jadi Sorotan Investor

with 4 comments
Indonesia merupakan negara yang menjadi sorotan dunia, selain menjadi negara ketiga terbesar di Asia, market Indonesia pun sangat mumpuni. Begitupun dalam dunia Startup yang tiap tahunnya terus meningkat hingga saat ini sudah lebih dari 230 startup yang hadir di Indonesia bahkan 4 diantaranya berhasil menjadi startup unicorn, dengan nilai investasi sebesar US$ 1.6-2.8 Juta.

Power Lunch - Startup Review Now & Future

Pada tahun 2012-2013, startup belum ramai seperti sekarang, saat itu DailySocial.id melakukan rangkuman laporannya kepada publik yang diawali dengan membuat profil beberapa orang-orang berpengaruh di dunia startup. Kemudian sejak tahun 2015, DailySocial.id membuat laporan dalam bentuk Startup Report yang menjelaskan mengenai berbagai dimnamika startup mulai dari investor, pemerintah hingga berbagai permasalahan dalam perkembangan startup. Lalu pada awal Februari 2018, DailySocial.id membuat laporan rutinnya dengan melaporkan perkembangan startup di Indonesia dalam Startup Report 2017.

Rama Mamuya. dok. DailySocial.id
Hujan rintik-rintik di perjalanan bersama kang Go-Jek yang ramah, sesekali ia bersiul berharap menenangkan pikiran saya yang saat itu kondisi jalanan di jakarta yang agak macet dan aku kudu buru-buru sampai ke lokasi karena acara sudah dimulai 30 menit yang lalu. Yup, kali ini aku berkesempatan untuk hadir dalam bincang santai di Three Buns pada kamis (8/2/2018) untuk menyaksikan Startup Report 2017 oleh DailySocial.id yang bertajuk PowerLunch Startup Review Now & Future.

Dihadiri oleh CEO DailySocial.id, Rama Mamuaya yang menyatakan bahwa "Setiap tahun kami mencoba mengumpulkan semua informasi mengenai ekosistem industri teknologi di Indonesia, dan mengemasnya dalam bentuk laporan singkat yang diharapkan bisa membantu para stakeholder untuk bisa melihat gambar besar pergerakan industri di Indonesia".

Tahun 2017, pengguna internet di Indonesia semakin tinggi 50% dibandingkan tahun sebelumnya, tercatat sekitar 132.7 juta pengguna internet di Indonesia dan 130 juta pengguna aktif menggunakan sosial media seperti aplikasi Chat (Whatsapp, Fb Mesengger, BBM, Line), Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya.

Indonesia Internet & Mobile Overview.
dok. dailysocial.id
Itulah yang menjadi dampak baik bagi para startup di Indonesia hingga beberapa startup di Indonesia kerap menjadi startup unicorn yang di awali oleh Go-jek dengan valuasi $1 miliar, lalu diikuti oleh Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak yang berturut-turut mengklaim mendapatkan nilai valuasi tersebut

Lalu ia menjelaskan perkembangan startup Indonesia di tahun 2017, juga memprediksikan berbagai sektor yang akan berkembang pada tahun 2018, mulai dari fintech, media dan kesehatan. Terus, bagaimana dengan e-Commerce?

Ia pun melanjutkan "Sektor e-commerce masih tetap tumbuh di tahun 2018, namun jumlahnya akan semakin sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tapi e-commerce yang sudah ada akan semakin besar dan akan pula banyak bermunculan e-commerce yang bermain di pasar niche atau tersegmentasi.

Dalam hal fintech, startup jenis ini memang cukup mambahana pada tahun 2017, dan akan terus berkembang pula di tahun 2018 seiring dengan teknologi yang semakin canggih diikuti dengan permintaan konsumen yang mengenal dan yakin dengan keuntungan yang ditawarkan oleh startup fintech, sebut saja Go Pay yang menjadikan kemudahan bertansaksi melalui aplikasi Go Jek. Lalu banyak juga e-money juga lainnya yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi juga sering memberikan berbagai promo yang konsumen butuhkan.

Untuk soal startup media yang juga akan berkembang pada tahun 2018 disebabkan karena akan adanya pemilihan umum 2019, dengan begitu masyarakat bisa mengakses informasi serta wawasan sesuai kebutuhan dari media baru ini, begitupun politikus yang akan menjadikan media sebagai alat informasi untuk mempengaruhi opini masyarakat. Nah untuk hal ini kamu kudu hati-hati, kudu perhatikan mana yang benar dan tidaknya dalam mengakses informasi politik di media.

Dan untuk startup kesehatan juga akan ikut berkembang di tahun ini, karena startup kesehatas akan terus mengembangkan layangan kesehatas yang efisien dengan mengakses internet dan teknologi guna berinteraksi dengan dokter atau mengakses informasi kesehatan juga melakukan transaksi.

Danny Wirianto. dok. DailySocial.id
Kemudian hadir pula Danny Wirianto, CMO of GDP Ventureand Angle Investor, ia mengatakan "Data sangat penting, sebagai panduan dalam membuat keputusan. DailySocial.id membuat panduan  untuk membantu investor dalam mengukur seberapa berpotensi sebuah prospek bisnis".

Danny pun menambahkan bagaimana cara membuat startup untuk dilirik oleh investor. Ia menyatakan, startup harus bisa membantu membuat duit, bisa menghemat duit, bisa menghemat waktu, dan bisa menjadikan suatu ekosistem ketergantungan.

Seperti halnya startup yang sudah ada, contohnya Go-Jek jelas bisa menjadi ketergantungan para masyarakat juga dapat menghemat waktu perjalanan dan lain sebagainya. Begitupun dengan startup Traveloka, Tokopedia, dan perusahaan startup lainnya.

DailySocial.Id juga memaparkan dalam laporannya mengenai teknologi yang akan berkembang di tahun 2018 seperti Internet of Things, teknologi Blockchain dan Artifical Intellegence juga beberapa issue terkaitkait startup. Untuk lebih jelasnya bisa akses di DailySocial.id serta dapat di unduh guna untuk dipelajari sebagai pedoman startup di Indonesia.

4 comments:

  1. Kalau diperhatikan orang Indonesia itu kreatif-kreatif ya mas, pantas kalau jadi sorotan dunia untuk soal start up..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas, mas juga kreatif, bikin sepatu kulit gitu.

      Delete

#Follower