Bergibah Secara Berfaedah

Feb 11, 2018

Explore Pabrik Mitsubishi dengan Peningkatan Permintaan Xpander yang Membludak

with 2 comments
Beberapa hari lalu aku dan teman blogger lainnya berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan mobil Xpander di PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia. Perusahaan berstandar global ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada April 2017 lalu. Bertempat di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Cikarang - Bekasi Jawa Barat, PT MMKI mempunyai luas lahan 51 hektar dengan luas bangunan 14 hektar dengan pekerja yang mencapai 3000 orang. Pada pabrik ini, Mitsubishi memproduksi dua jenis kendaraan yaitu Pajero Sport dan Xpander.
PT. MMKI. dok. Istimewa

Proses produksi Xpander saat ini sudah menghasilkan 160 ribu unit per tahun, dan bisa meningkat sampai 240 ribu unit per tahun tanpa memperluan bangunan. Hingga saat ini sudah sampai 50 ribu pemesanan Xpander, dengan permintaan masyarakat yang membludak, Mitsubishi terus berkomitmen untuk menjaga kualitas Xpander yang akan dihadirkan kepada masyarakat.

Seperti yang dikatakan oleh Kyoya Kondo, President Direktur PT MMKI, ia mengatakan bahwa "Permintaan pasar untuk Xpander memang membludak, dengan begitu kami akan meningkatkan pula produksi Xpander dan terus menjaga kualitas hasil produksi Xpander supaya bisa menikmati mobil yang nyaman dan menjadikan Xpander sebagai mobil Idaman setiap konsumen" 

“Kami, di Mitsubishi Motors, berupaya untuk melakukan semua hal yang kami bisa agar seluruh konsumen dapat segera mengendarai Xpander baru mereka, melalui penambahan shift produksi di pabrik perakitan PT MMKI untuk mempercepat pengiriman kendaraan kepada konsumen kami.” tambah Kondo san saat Conference Press sebelum tour pabrik.

Pada sambutannya, Kondo san juga menyambut para Blogger dan Media untuk Plant Tour melihat Xpander. Ia mengatakan, "Hari ini kami memberikan keistimewaan kepada anda semua untuk melihat lebih dalam proses produksi small MPV favorit ini di pabrik kami yang canggih. Anda akan menyaksikan bagaimana Xpander diproduksi dengan menggunakan standar kualitas tinggi dan didukung dengan perlengkapan berteknologi tinggi,".

Kemudian kami dipersilahkan untuk mengikuti plant tour, melihat proses produksi Xpander secara langsung. Kami berjalan beriringan sembari melihat para karyawan yang sedang melakukan pekerjaannya. Proses produksi mobil dimulai dengan Stamping, Welding, Painting, Asembling hingga Quality Control.

STAMPING
Pada tahap ini, lempengan baja dicetak untuk menjadi komponen body yang terpisah. Komponen body ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti bagian pintu, atap, cup dsb.

WELDING
Setelah proses Stamping, dilanjutkan dengan proses Welding, yaitu pengelasan demi menyatukan bagian bawah dengan body. Masih menggunakan robot sebagai standard dari PT MMKI, percikan api yang menyala terang membuktikan bahwa mesin las bekerja.

PAINTING
Selanjutnya dilakukan proses painting, yaitu pengecatan atau pemberian warna. Pada prosesnya, pemberian warna dilakukan dengan dicelupkan juga dengan tambahan semprot guna warna body rapi dan merata.

ASEMBLING
Dilanjutkan dengan Asembling, pada tahap ini, semua elemen kendaraan dipersatukan hingga menjadi satu kesatuan, pada proses Asembling, fungsi pekerja dibutuhkan untuk menyatukan setiap elemennya seperti karpet, kursi, mesin dan sebagainya. FYI nih, Mitsubishi juga bekerja sama dengan vendor terkenal untuk mendapatkan elemen juga fitur mobil yang menawan.

Quality Control
Belum selesai, karena ada tahap Quality Control, dimana setiap mobil yang akan keluar dan dinyatakan bisa dijual, harus melalui tahap ini, pengecekan demi pengecekan dilakukan agar konsumen bisa mendapatkan barang yang berkualitas tanpa cacat sedikitpun.

Media dan Blogger Plat Tour
Kami terus berjalan sembari melihat setiap prosesnya dan mendengarkan pemandu lapangan. Ada yang menarik dari setiap pekerja yang ada di PT MMKI yaitu sopan dan santun, dimana mereka menundukan sedikit kepala dengan didikuti senyum saat kami berjalan melewati setiap proses pembuatannya. Rasanya setiap mereka senyum, aku tersentuh, adem namun tidak berat seperti rindunya Milea ke Dilan, Ehh.

Setelah melihat proses produksinya, kami semua diantar langsung menuju sirkuit untuk melakukan test drive. Ada 3 jenis Xpander yang ditampilkan untuk dilakukan test drive, mulai dari exceed, sport dan ultimate.

Test Drive. dok. Istimewa
Saat test drive berlangsung, sungguh sangat disayangkan aku ngga bisa jadi sopirnya, karena jadi sopir itu berat, biar si abang saja hehe, eeh ga gitu karena aku belum punya sim, jadi aku duduk di belakang untuk menjadi joki si abangnya hehe.

Sebagai penumpang, aku merasakan kenikmatan yang hakiki ketika menaiki Xpander, nyaman pastinya, dengan guncangan yang minim membuatku betah dan lagi-lagi. 

Lalu kita bicara soal desain dari Xpander, desainnya Exterior yang sporty dan tangguh sepertinya cocok untuk kamu yang juga sporty, lampu depan yang gahar memberikan kesan yang mewah berbeda dari mobil sekelasnya menjadikan Xpander indah dan menawan.

Di bagian Interior, Xpander memiliki 19 kantong yang bisa digunakan untuk penyimpanan. Selain itu setir yang bisa dirubah maju mundur membuat penggunanya akan merasakan kenyamanan yang hqq. Warna karpet dinding yang tidak monoton juga adanya tiga sabuk pengaman di belakang mebuat Xpander memperhatikan keselamatan penggunanya.

dok. Istimewa
Setiap orang punya selera berbeda terhadap pemilihan type Xpander, ada yang suka Exceed, Sport juga Ultimate, perbedaan dari setiap tipenya terlihat dari flat chroom yang terdapat dibawah jendela juga dibawah lampu depan.

Sungguh Mitsubishi Xpander layak sebagai #YourNextGenerationMPV
untuk informasi selangkapnya mengenai Xpander atau kamu juga mau memesan Xpander, kamu bisa kepoin sosial medianya atau hubungi kontak yang ada di bawah:

KANTOR
Jl. Jend A. Yani, Proyek Pulo Mas
Jakarta Timur 13210
Telp: (021) 489-6108
Fax : (021) 475-0765
Email: publicrelations@mitsubishi-motors.co.id
Call Center : 0804-1-300-300

PABRIK
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)
Kawasan GIIC Blok CH No. 01, Kota Deltamas, Desa Pasirranji, Cikarang Pusat, Kab. Bekasi

2 comments:

#Follower