Bergibah Secara Berfaedah

Dec 20, 2017

Kampung Berseri Astra, dari Astra untuk Indonesia

with 2 comments
Sejahtera Bersama Bangsa, 60 Tahun berkarya untuk memberikan kontribusi dalam memajukan dan mengembangkan potensi bangsa itulah PT Astra Insternational Tbk.

Banyak yang sudah Astra lakukan dalam kontribusinya, contohnya beberapa hari lalu dalam program CSR nya, karyawan Group Astra bersama wartawan dan blogger melakukan penanaman pohon di kaki Gunung Gede Pangrango. Gerakan penghikauan yang dilakukan Astra sudah aktif dari beberapa tahun lalu, dimulai dari tahun 2008 dengan Gerakan Satu Karyawan Satu Pohon (Sakasapo), lalu pada 2011 yang mengajak masyarakat untuk menanam satu pohon di satu rumah dengan gerakan Go Green with Astra. Sampai akhir tahun ini, Astra telah menanam 4.501.512 pohon di seluruh Indonesia khususnya di Cianjur.

Dan pastinya program ini akan terus berlanjut. Begitupun dengan Kampung Berseri Astra yang sampai saat ini sudah mencapai 65 KBA tersebar di 27 provinsi di Indonesia dan diharapkan dapat bertambah menjadi 34 provinsi pada 2018 nanti.

Menurut studi kasus yang telah tercantum dalam buku ASTRA on Becoming Pride of the Nation, menjelaskan bahwa Kampung Berseri Astra merupakan inisiatif Astra bersama masyarakat untuk membangun lingkungan yang bersih dan hijau, serta masyarakat yang sehat, cerdas, dan produktif. Melalui pendekatan yang terpadu, Astra membangun sarana fisik serta melakukan pembinaan dan dampingan untuk peningkatan kualitas masyarakat dan lingkungan kampung binaan.
Ada empat bidang yang dikelola dalam Kampung Bersemi Astra:
  • Bidang Pendidikan: program rumah pintar, PAUD, dan beasiswa.
  • Bidang Lingkungan: bank sampah, pusat pembudidayaan tanaman, pengolahan sampah terpadu, dan pembuatan kompos.
  • Bidang Ekonomi: pemngembangan usaha mikro.
  • Bidang Kesehatan: pembinaan posyandu, pengobatan gratis, Pola Hidup Bersih dan Sehat, Program Avicenna (Tokoh Penggerak Kesehatan), dan Casa de Salude (Rumah Sehat).


Dan beberapa bulan lalu di bulan Agustus, aku berkesempatan hadir dalam Festival Permainan Tradisional Anak Negeri dengan tema "Permainan Untuk Anak Negeri" di Kampung bersemi Astra Ciganjur.

Festival ini diikuti oleh 13 Kampung Berseri Astra (KBA) di area Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).


dok. pribadi
Festival Permainan Tradisional Bersemi ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-Nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA. Adapun permainan tradisional yang dilombakan meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok yang semuanya mempunyai tingkat keseruan yang ngga kalah seru dibanding permainan di gadget yang sangat digandrungi oleh anak-anak generasi millenial.

Saat mengikuti berbagai rangkaian melalui permainan tradisional yang diadakan di KBA Ciganjur, aku menikmatinya, aura saat festival sungguh menyenangkan, membuat masyarakat dan anak-anak saling bekerja sama dalam permainan dan bergotong-royong menyelesaikan setiap permainannya. Sorak-sorai penonton pun membuat aura disekitar menjadi ramai membuatku ingin selalu berada ditempat ini selamanya. Anak-anak menikmati setiap permainan, akupun sebagai penonton menikmati keseruan mereka saat bermain berlomba satu sama lain.

Sungguh Astra berhasil membina setiap Kampung Berseri Astra, menjadikan masyarakat yang harmonis di kampung tersebut. Setiap masyarakat dan anak-anak saling berinteraksi, bukan dengan gadgetnya namun dengan permainan yang ada di Kampung Bersemi Astra membuat mereka terus menyalurkan hobi bermainnya layaknya anak-anak seumurannya.

Astra dengan komitmennya SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia dengan konsisten melakukan praktik bisnis yang bertanggung jawab. CSR yang dibuat Astra, bukanlah untuk tujuan reputasi melainkan asas loyal dengan keyakinan yang sesuai dengan butir utama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara” atau yang biasa kita dengar dengan "Sejahtera Bersama Bangsa".

Referensi Pustaka:
Liman Yakub. Astra International. "Astra on Becoming Pride of the Nation". Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017

2 comments:

  1. Perusahaan impian banget lah ini :). Dulu pas lulus kuliah, ngarep banget bisa kerja di astra. Tp rezekinya di perusahaan asing lain. Malah adek iparku yg kerja di sana. Kegiatan csr mereka bagus2 dan berasa banget manfaatnya yaa. Keren lah pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh tapi Astra bukan perusahaan asing lho, justru perusahaan pemiliknya asli orang Indonesia.

      ya, program CSR nya bener-bener bermanfaat dan ada disetiap provinsi.

      Delete

#Follower