Aug 21, 2017

Pancasila Menjadikan Bangsa Bersatu Dalam Kesatuan


Pancasila adalah dasar dari negara Indonesia  juga sebagai ideologi yang menjadikan ide-ide yang berkebangsaan dan bersatu sebagai bangsa Indonesia seutuhnya.

Mengenai kata bersatu, beberapa hari lalu aku merasa bersatu, bertemu teman baru dari beberapa suku yang berbeda, meskipun begitu kami tetap bersatu menjadi satu dalam pembicaraan yang cukup menarik, ngalor-ngidul membicarakan kejujuran sifat masing-masing suku untuk saling mengerti dan memahami dan dengan itu suatu hukum ideologi Pancasila dalam poin sila ketiga dengan bunyi "Persatuan Indonesia" terwujud.

Dalam Sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia bukan berarti kita harus bersatu kemudian menyerang dalam perang, melainkan ada hal lain bahwa kita sebagai Bangsa di Negara Indonesia yang merdeka, bukanlah kita harus berperang satu sama lain, berperang karena beda suku, berperang karena perbedaan keyakinan dan berperang karena berbagai pendapat yang menjadikan perdebatan, melainkan dengan perbedaan yang melimpah, justru kita harus tetap menjaga dan membanggakan satu sama lain untuk terus bersatu menjadi satu kesatuan.

Ya, secara sadar ataupun tidak sadar, Pancasila telah menyatukan kita, menyatukan beberapa suku tanpa ragu untuk saling berkomunikasi, menyatukan beberapa keyakinan untuk berkumpul dan bekerjasama tanpa harus berdebat panjang mempermasalahkan keyakinan satu dengan yang lainnya. Begitupun dengan kita sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai suatu ideologi yaitu Pancasila

Apa yang kamu pikirkan mengenai pancasila?
Indonesia mempunyai pedoman untuk bangsanya supaya maju, yaitu dengan pancasila.
Dengan adanya dan diimplementasikannya Pancasila, maka pasncasila sudah membantu kita untuk bersatu, menyatukan  berbagai keyakinan dalam satu kesatuan juga menyatukan beberapa suku yang bisa saling berkomunikasi tanpa ragu.

Nah, untuk kamu,
Iya
Kamu

Seberapa jauhkah kamu mengenal pancasila?
Sejauh mata memandang?
Apa sejauh hubungan LDR kalian?

Daripada kita memusingkandiri untuk memikirkan seberapa jauh kita mengenal Pancasola, mari kita segarkan kembali mengenai makna penting dari poin-poin yang ada dalam pancasila.
Supaya saya tidak sok tahu, saya mengutip poin-poin ini di web guru ppkn, karena sayapun masih belajar lebih dalam lagi untuk memahami pancasila secara utuh.

Baiklah, ini beberapa poin penting mengenai pancasila.

Sila Pertama Pancasila
Sila pertama Pancasila berbunyi: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Melalui sila pertama dalam makna sila pancasila dapat dijabarkan beberapa makna yang terkandung di dalam sila pertama ini. Makna dari sila pertama Pancasila tersebut diantaranya:

Indonesia Menyatakan Kepercayaan dan Ketaqwaan Kepada Tuhan
Masyarakat Indonesia percaya dan bertawaqwa kepada Tuhan.
Terbentuknya Sikap Saling Menghormati Antar Pemeluk Agama.
Tidak diperkenankan Terjadinya Pemaksaan Suatu Agama atau Kepercayaan.

Sila Kedua Pancasila
Sila kedua Pancasila berbunyi: “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Dari bunyi sila kedua Pancasila ini, terdapat beberapa makna yang dapat kita pelajari untuk menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa makna tersebut diantaranya:
Pengakuan Sesama Manusia Sesuai Dengan Kodratnya.
Pengakuan Terhadap Persamaan Kedudukan.
Menumbuhkan Sikap Saling Menghargai.
Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Humanisme.

Sila Ketiga Pancasila
Sila ketiga Pancasila berbunyi: “Persatuan Indonesia”. Bunyi dari sila ketiga ini tentunya mempunyai makna sila pancasila tersendiri bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Beberapa makna yang terkandung dari sila ketiga Pancasila tersebut diantaranya:
Persatuan Bangsa Adalah Prioritas Utama.
Pengorbanan Diri Untuk Kersatuan dan Kesatuan Bangsa.
Pemeliharaan Terhadap Ketertiban Umum.
Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air.

Sila Keempat Pancasila
Sila keempat yang terdapat pada Pancasila berbunyi: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, dalam permusyawaratan/perwakilan”. Makna yang terkandung di dalam sila keempat ini berkaitan dengan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh segenap warga negara Indonesia. Adapun beberpaa makna yang terkandung dari sila keempat Pancasila antara lain:
Persamaan Hak dan Kewajiban Warga Negara.
Musyawarah Adalah Jalan Untuk Mengambil Keputusan.
Menghormati Keputusan Yang ditetapkan.
Pengutamaan Kepentingan Umum.

Sila Kelima Pancasila
Sila kelima Pancasila berbunyi: “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Melalui sila kelima ini, dapat ditarik beberapa makna yang terkandung di dalamnya. Beberapa makna dalam sila kelima Pancasila ini antara lain:
Menjunjung Tinggi Keadilan Dalam Kehidupan Bermasyarakat.
Menjaga Keseimbangan diantara Hak dan Kewajiban.
Tidak Mengganggu Hak dan Kewajiban Orang Lain.
Pemberian Penghargaan Terhadap Karya Orang Lain.

Makna-makna tersebut dapat kita resapi dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terjalin persatuan dan kesatuan yang mantap terhadap  kehidupan berbangsa dan bertanah air juga menjadikan pancasila sumber inspirasi maju.


Dan lagi dengan menjadikan Pancasila Sumber Inspirasi Maju sebagai implementasinya Unit Kerja Presiden - Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat menjadi UKP PIP, menyelenggarakan Festival dalam rangkaian untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -72.

Dengan nama Festival Prestasi Indonesia yang berlokasi di Jakarta Convention Center pada 21-22 Agustus 2017 menghadirkan 72 orang ikon berprestasi sebagai sumber inspirasi untuk memajukan bangsa.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai hal mengenai keseruan kegiatan yang diselenggarakan oleh UKP-PIP bisa langsung kepoin akunnya di media sosial sebagai berikut :

Fanspage Facebook : @GenPancasila
Twitter                     : @ukp_pancasila
Instagram                : @ukp_pancasila

Share:

2 comments:

  1. tanpa Pancasila sudah sejak awal negeri ini bercerai berai karena ego masing-masing, untunglah pendahulu kita cerdas ya mang

    BRAVO PANCASILA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pendahulu kita sudah tau apa yg akan terjadi tanpa pancasila, makanya ia menciptakan pancasila supaya kita terus bersatu.

      Delete