Bercerita untuk Semangat yang Berbeda

Apr 11, 2011

Bikin Roti sendiri, Ugh ribet banget, tapi nyenengin...

with 0 Comment
Jantungku berdetak kencang, sampe-sampe suara dag... dig....dug... deg... dor... terdengar oleh telingaku, rasanya tegang bangket karena kali ini aku adalah orang pertama yang di TES UJI AKHIR PRAKERIN IGI, Waduhh,,,,,,

Bayangkan, biasanya aku bikin roti bareng-barengan temen dalam waktu yang cukup lama, dan di tes ini, aku dikasih waktu hanya dua jam untuk nyelesain 3 Kg terigu Segitiga Biru (roti manis dan 5 Kg terigu Cakra Kembar (roti tawar), dan aku ngerjainnya juga sendiri doangan,,, Innalilahi Wainnalilahi Raji'un,,,,,

Apa bisa aku melakukan semaua ini dengan baik????
mudah-mudahan bisa dagh,,,,,,

Waktupun dimulai,,

Di menit pertama aku masih bingung mau ngerjain apa, dan di menit kedua, akupun bergegas untuk memoles Van Alumunium, setelah beres, akupun bergegas lagi tuk menimbang banyak bahan mulai dari Terigu Segitiga biru, Cakra Kembar, Fermipan, Skim, Gula, Emplek, Telur, Air, Margarin, Shortening, Air Es, sampai Garam dengan berat yang telah di tentukan,,, sampe-sampe jangan ada yang lebih ato kurang dikit, tapi tak apa, lebih ato kurang dikit, JAMAK hehehe,,,
hasil Dividing (pemotongan)
Setelah dividing, langsung di rounding dan di kasih isi lalu di bentuk,,,
isi Cokelat,,,, di sayat di tengah dengan gaya lurus, Hiatttttt Dzigh
dimasukkan ke final proover
dah di fonal frooper, langsung di oven dengan suhu atas 180 dan bawah 220

Terus aku melanjutkan untuk membuat isi Roti Manis(keju, susu, dan cokelat) setelah isinya di bikin dengan benar, langsung dagh aku lari, terus ngaduk adonan, dah beres ngaduk, langsung aku bagi rata tuh adonan dengan berat 900 gram, terus aku dividing  yang tak lupa di rounding sebelum dividing,  terus rounding lagi dagh, Nah dah di rounding langsung di kasih isi (keju, susu dan cokelat) terus di bentuk, masukin loyang, final proofing, dan masuk ke Oven (rotinya), dan,,,,
hasilnya,,,,
hasilnya,,,,,

Tarraaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,,, ternyata hasilnya begitu memuaskan, BAGUS bangket bu, meskipun melebihi waktu yang ditentukan hehehe, semuanya dah kelar, langsung dech aku nyengir hehehehe..... (nyengir kuda)
lagi moles roti yang baru keluar dari oven sembari NYENGIR,,,

                                        Sukabumi, April 2011
PRAKERIN IGI




Apr 3, 2011

Merasa aktor, Tikus Nakal, Si Jagur

with 0 Comment
Aku sama sekali tak bermaksud berangkat ke Lab Industri IGI terlalu siang, biasanya aku berangkat pukul + 08.00, tapi kali ini aku berangkat pukul 09.30. Soalnya banyak yang harus aku kerjakan, mulai dari bersih-bersih, ampe sarapan pagi, ntar kalo gx sarapan pagi, uwh berabe jadinya,,,

Tiba di Gerbang menuju Lab Industri IGI pukul 10.00. aku pikir Lab IGI blom dibuka, tapi ternyata Lab dah dibuka, alhasil aku pun bergegas melakukan banyak hal di Lab IGI. mulai dari ngambil air pake ember di Lab sebelah, soalnya pompa air yang ada di Lab IGI ntah kenapa ngga nyala dah 2 hari, dengan itu aku pun mengambil air bersama 2 temenku yang setia membantuku karena mereka aku paksa tuk ikut ambil air hehehe soalnya banyak 'n berat,,,

Sebelum ngambil ember tuk di isi air, aku pun ambil suatu barang yang harus dibersihkan (bowl Planetary Mixer) karena ada hewan yang hinggap di dalam bowl ntu, jadi aku ambil banyak barang tuk ambil air sembari bersihin yang ntu (bowl)...


tikus nakal

nie dia, tikus yang hinggap di bowl (planetary mixer)

Yach,,, riber banget dwh, tiba di depan kran pas di putar 90 derajat ntu kerannya, ternyata airnya ngga netes sedikitpun, alhasil aku pun ambil air di tempat lain. Capeknyeee, tapi tak apalah, dari pada ntar yang di LAB pada ngotot dan nimpugin aku gx karuan karena ngga da air, mending ngambil air di tempat lain (ceritanye ngambil air dah kelar).

Kemudian aku bergegas lagi melakukan pekerjaan lain yang belum terselesaikan dengan baik, yaitu ngemas Roti Tawar dan Manis _karena akan segera di pasarkan_ tersu dah ngemas kelar, langsung lanjutin tugas selanjutnya>>> menyiapkan banyak bahan tuk produksi hari nee, kemudian langsung dagh ngaduk bahan (produksi). Ketika mO produksi, ada orang (tamu) yang mO observasi kerja kita, mulai dari nimbang bahan sampai kelar produksi, mereka (orang yg observasi) foto-foto, yang pasti bukan foto narsizz, tapi memfoto bahan dan adonan produksi hari nie (Roti manis 'n tawar). Selain mereka foto-foto, aku juga ikutan sibuk tuk foto-foto alat dan bahan-bahan roti, serta tak lupa narsiz-narsizan, soalnya untuk melengkapi laporan akhir PRAKERIN supaya laporannya lebih berwarna hehehe (nyengir kuda)....

Dah itu, tiba-tiba aku di wawancarai orang-orang yang sedang observasi, selain itu juga, mereka minta foto aku bo' eaaaaa tak apa lah itung-itung jadi aktor sementara hehehe, mungkin mereka kira aku pemeran harry potter soalnya mirip-mirip Ckakakak mimpi kalie,,,,
Nah dah beres semuanya, ngoven udah, produksi roti manis dan tawar udah, foto-foto juga udah, kemudian Nah lo, aku disuruh produksi roti manis lagi, ea,,,, pasrah dewh, tadinya aku mo langsung pulang tapi ea udah produksi lagi, sekalian foto-foto yang kurangnye. . . .

Eaaaa udah semuanya beres, pokoknya beres dwh, apa sich yang ngga beres kalo ngga da aku. . . .

_ + 17.00 aku bergunjing bersama teman-temanku, bergunjing tentang banyak hal, dari yang suka maupun dukanya berada di Lab IGI, dan kamipun tertawa terbahak-bahak karena banyak gunjingan yang absurd. . . .
ketika di tengah gunjungan ntu, aku melihat ada yang lagi ngendarai si Jagur _motor keren yang biasa nak IGI pake, tapi aku sama sekali blom pernah pake ntu motor, soalnya aku ngga bisa sama sekali_ tapi aku meminta untuk belajar menggunakannya, sedikit demi sedikit, lambat laun, akupun mencoba tuk naik dan ngendarai ntuh motor, alhasil eaaaaaa.. . . . . . ternyata aku bisaaaa, meskipun sempet mo jatoh, tapi tak apa, soalnya baru pertama kali aku belajar motor hehehe, , , , dan sekarang aku akan banyak berlatih tuk bisa ngendarai si Jagur ne, , , , supaya kapan-kapan kalo orang mO dianterin pulang ma si Jagur, aku yang akan turun tuk nganterin orang ntu, hehehe (ngimpi) tapi jangan sampe aku jadi tukang ojeg aja,, ,

Dah ah pulang Nyokkk,,,

#Follower