Bergibah Secara Berfaedah

Nov 17, 2010

Indonesia Punya Karya

with 0 Comment
Video pendek karya anak muda Indonesia Adhyatmika  (21) yang berjudul “Democracy Is Yet  To Learn” terpilih menjadi  finalis  mewakili kawasan Asia Timur/Pasifik dalam kompetisi video "Democracy Video Challenge"  yang diselenggarakan oleh Deplu Amerika dan diikuti lebih 700 video dari 89 negara.
Kompetisi tahunan  ini memilih enam pemenang dari enam kawasan di dunia.  Pemenangnya akan mempresentasikan karyanya di Washington DC, New York, dan Los Angeles.Berdasarkan informasi situs video america saat ini Indonesia dengan video pendek karya Adhyatmika (21) yang berjudul “Democracy Is Yet  To Learn” akan bersaing dengan dua negara tetangga. Film dari Negara Jiran Malaysia berjudul “Democrasy is You” dan Negara Singapore dengan filmnya yang berjudul “Democracy is...struggle of freedom desire!

Film buah karya Adhyatmika dengan durasi dua menit sepuluh detik tersebut menceritakan suatu lingkungan kelasa yang dihuni orang dari latar belakang yang berbeda. Tapi Dalam ruangan kelas tersebut dihuni orang dari berbagai profesi. Anggota Dewan, petani, penegak hukum, activis, media, insinyur, dokter, pengusaha, artis, dan siswa SD.

Permulaan film menceritakan seorang guru yang menanyakan apa arti demokrasi, setelah itu ditunjukan lah sikap semua orang yang berada di kelas tersebut yang menunjukan sikap dari tiap-tiap profesi menanggapi pertanyaan gurunya.

Saat seorang petani akan menjawab maka penegak hukum sudah membungkamnya. Kemudian saat anggota dewan akan menjawab, mereka sudah duluan ditutup mulutnya dengan uang oleh pengusaha. Celebrity hanya cuek-cuek saja menyikapi pertanyaan gurunya. Insinyur sibuk mencari pekerjaan, dan dokter hanya diam, serta aktivis hanya sibuk berfikir sendirian.

Setelah melihat sikap dari masing-masing orang dengan latar belakang profesi yang berbeda menanggapi arti demokrasi. Kemudian majulah siswa bertubuh tinggi besar dengan mengenakan seragam Sekolah Dasar (SD) untuk menjawab pertanyaan gurunya di papan tulis. Siswa SD tersebut ternyata kebingungan mengisi arti demokrasi tersebut dan tidak menjawabnya. Jawaban arti demokrasi menurut film tersebut “Demokrasi adalah masih belajar”.
Inilah Video karya anak Indonesia karya Adhyatmika

ADI SUHENDI

0 komentar:

Post a Comment

#Follower