Bergibah Secara Berfaedah

Sep 9, 2010

Ngabuburit

with 0 Comment
Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Dalam Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit berarti ngalantung ngadagoan burit haha,,,,,, yang artinya kurang lebih bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Kata ngabuburit dibentuk dari kata dasar “burit” yang memperoleh proses reduplikasi dwipurwa (pengulangan suku kata pertama) dan penambahan prefiks nga- (imbuhan bahasa Sunda) yang membentuk kata kerja. Kata dasarnya sendiri, yaitu “burit” sebetulnya tidak ada hubungannya dengan puasa (“burit” berarti sore). Artinya, pada awalnya kegiatan ngabuburit tidak harus pada bulan Puasa saja. Dugaan saya, karena istilah ngabuburit lebih sering dan lebih banyak digunakan dan dilakukan orang pada bulan Puasa sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka, akhirnya pemaknaan ngabuburit menyempit dan dipahami sebagai menunggu saatnya buka puasa. Pengertian itu sejalan dengan makna ngabuburit yang tercantum dalam Ensiklopedia Sunda: menunggu saat berbuka puasa sambil mengerjakan sesuatu atau bermain-main, berjalan-jalan sekadar melupakan perut lapar sampai magrib.
Wduh kayakny serius banget kata2nya,,,

Lanjut>>>>

Setelah tadasrusan semalaman, dzikir seharian, puasa diterik mentari, anak anak kecil biasanya sudah sangat menderita disore hari, dan mereka akan rewel minta izin segera berbuka walaupun belum adzan. Untuk mengalihkan perhatian anak-anak ini dari prnderitaan mereka, diadakanlah kegiatan ngabuburit ini. sambil menanti adzan maghrib, Berbagai kegiatan bisa dilakukan : ada yang senang olah raga : badminton atau sekedar bermain bola..sekarang banyak yang futsal, pingpong..  Ketika kecil tinggal di Bandung, pembantu kami suka mengajak saya kepasar untuk ngabuburit…Anak2 perempuan biasa bermain karet atau bola bekel yang sekarang sangat jarang ditemui. Dan, satu permainan yang identik dengan Ramadhan adalah congklak..suatu permainamn yang sangat mengasyikan, namun juga sudah sangat sulit sitemui.

Dan, nampaknya ngabuburit ini sekarang tidak hanya dilakukan di Jawa Barat saja, saya lihat di TV di daerah lainpun banyak yang melakukan ngabuburit..Dan, kalau dulu ngabuburit ini dilakukan untuk mrndidik anak-anak berpuasa, nampaknya sekarang remaja bahkan orang tuapun banyak yang ngabuburit..

Yach inilah Tiga anak yang memakai baju koko (baju muslim pria) sedang ngabuburit (kegiatan jalan-jalan sambil menunggu buka puasa) yach apa yang sudah aku jelas kan di atas,, ne lagi ngabuburit,,, tiga anak ini riang gembira bermain di gerbong kereta api,, yang itulah anak jaman sekarang Ngabuburit sudah jadi hal yang biasa dilakukan oleh semua orang islam...
dach ah kata-katanya udah nggak singkron lagi,,,

Selamat berpuasa saudara-saudaraku semua… Ngabuburit yik…!

0 komentar:

Post a Comment

#Follower